Para Juragan Teknologi Awal Tahun Ini Makin Kaya

Bill Gates berbicara di Forum Ekonomi Dunia 2012 Davos
Sumber :
  • REUTERS/Christian Hartmann

VIVAnews - Meningkatnya perkembangan teknologi di dunia membawa para pengusaha teknologi semakin kaya. Berdasarkan nilai aset mereka yang dihimpun pada 2012, kekayaan para orang penting di perusahaan teknologi dunia kini mengalami kenaikan, meski beberapa dari mereka sering memberikan donasi hingga ratusan juga dollar AS untuk kepentingan amal.

Dilansir dari laman Cnet, Index Billionaires yang dikeluarkan Bloomberg mencatat kekayaan chairman Microsoft, Bill Gates, naik 1,1 persen pada tahun 2012. Total kekayaan Gates mencapai US$ 63,1 milliar. Padahal pendiri Microsoft ini gemar menyumbangkan uangnya untuk kepentingan amal.

Dengan jumlah kekayaan tersebut, ia menjadi orang terkaya dalam kategori pengusaha teknologi. Dalam daftar orang terkaya di dunia versi Index Billionaires Bloomberg, Gates masih di bawah orang terkaya di dunia ditempati, Carlos Slim Helú, pemimpin utama dan CEO perusahaan telekomunikasi Teléfonos de México dan América Móvil, dengan kekayaan US$ 76,9 milliar.

Kekayaan taipan teknologi lain seperti CEO Oracle, Larry Ellison, juga naik 3,6 persen pada tahun lalu. Hartanya mencapai US$ 40,7 milliar. Kekayaan Ellison sebagian besar berasal dari saham 23,5 persen di Oracle. Meski ia juga memiliki saham 49 persen dari perusahaan perangkat lunak, Netsuite.

CEO Amazon, Jeff Bezos, menempati urutan ke 20 orang terkaya dunia dengan kekayaan bersih sebesar US$ 24,1 milliar, ia mendapatkan keuntungan 2,4 persen dari tahun lalu.

Pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin, secara berurutan menempati peringkat 25 dan 26, dengan jumlah kekayaan masing-masing US$ 21,8 miliar dan US$ 21,6 milliar. Kekayaan keduanya naik 1,9 persen dari tahun lalu.

Taipan teknologi asal Asia juga tak ketinggalan. Azim Premji, pemilik perusahaan teknologi informasi India, Wipro juga termasuk kategori orang yang semakin kaya. Total hartanya mencapai US$ 15,8 miliar.

Cole Palmer Jadi Pusat Perhatian Jelang Man City vs Chelsea

Pendiri Microsoft lainnya, Paul Allen, juga nangkring dalam daftar orang yang semakin kaya, dengan nilai kekayaan US$ 14,4 milliar. Sementara CEO Microsoft Steve Ballmer mempunyai kekayaan US$ 14,2 milliar, disusul CEO Dell, Michael Dell dengan kekayaan US$ 13,3 milliar.

Pundi-pundi kekayaan pembesut Facebook, Mark Zuckerberg juga semakin bertambah, yang naik 5,1 persen dari tahun lalu menjadi US$ 12,9 milliar. Padahal kinerja saham Facebook pasca go public tercatat melemah.

Direktur Jenderal Perkebunan Andi Nur Alam Syah dan Wali Kota Bogor Bima Arya

Kementan Lepas Ekspor Komoditas Perkebunan ke Pasar Asia dan Eropa

Kementan lepas ekspor komoditas kelor 21 ton ke Cina, komoditas kelapa 33 ton ke Yordania, komoditas teh 200 kilogram ke Turki dan Rusia.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024