TEKNOLOGI

Penemuan Makam Tua di Gunung Padang Mentahkan Klaim Peneliti Belanda

Arkeolog UI: Masih banyak yang belum terungkap di situs Gunung Padang
Jum'at, 4 Januari 2013
Oleh : Renne R.A Kawilarang, Amal Nur Ngazis
Pengunjung Situs Megalitikum Gunung Padang

VIVAnews - Lima makam ditemukan di situs megalitikum Gunung Padang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Menurut peneliti lokal, penemuan makam ini bisa membantah klaim sebelumnya dari arkeolog Belanda, N.J. Krom.

Berdasarkan suatu catatan sejarah, Krom menemukan situs Gunung Padang pada 1914 dan diklaim sebagai orang yang pertama kali yang menemukan situs tersebut. Kini sudah ada bukti bahwa klaim itu bisa dibantah.

"Buktinya jelas, ada orang tinggal di situ sebelum NJ Krom menemukannya. Tulisan nisannya jelas, tanggal 2-11-1947, usia 68 tahun," ujar Ali Akbar, arkeolog Universitas Indonesia saat dihubungi VIVAnews pada Jumat 4 Januari 2013.

Temuan makam ini juga menandakan di sekitar situs Gunung Padang masih menyimpan banyak peninggalan kuno. "Ini akhirnya membuka kesempatan bahwa masih banyak hal yang belum terungkap di situs Gunung Padang," katanya.

Ia mengatakan sepanjang ini sepanjang ini penelitian dilakukan di teras situs Gunung Padang yang memanjang dari utara sampai selatan. Sementara untuk wilayah timur dan barat, jarang dilakukan penelitian.

"Di timur ketemu banyak, yang barat daya malah ada makam ini. banyak hal yang bisa terungkap," tambahnya.

Atas temuan ini, Ali beserta peneliti lain akan menindaklanjuti penelitian seputar makam tersebut. Namun ia mengatakan tidak akan membongkar makam tersebut.

"Dengan adanya temuan ini, akan dilakukan riset lagi secara intensif," ujarnya.

TERKAIT
TERPOPULER