TEKNOLOGI

Kuil Berusia 2.750 Tahun Ditemukan di Israel

Kuil ditemukan saat tengah dilakukan pengerukan tanah untuk tol.

ddd
Minggu, 30 Desember 2012, 08:20
Tembikar yang ditemukan pada kuil berusia 2.000 tahun di Israel
Tembikar yang ditemukan pada kuil berusia 2.000 tahun di Israel ( REUTERS/Baz Ratner)

VIVAnews - Ahli arkeologi di Israel menemukan kuil kuno yang diperkirakan berusia lebih dari 2.000 tahun. Ditemukan pahatan dan patung-patung yang belum dikenali bentuknya oleh para arkeolog.

Diberitakan NBC, kuil itu ditemukan di Tel Motza, sebelah barat Yerusalem, saat tengah dilakukan pengerukan tanah untuk proyek jalan tol pada Kamis, 27 Desember 2012. Saat ini, arkeolog dari Otoritas Barang Antik Israel mengambil alih penelitian di lokasi tersebut, sedangkan proyek jalan tol terus berlangsung.

"Penemuan bangunan ritual di Tel Motza sangat mengejutkan dan tidak biasa terjadi. Terutama, karena pada masa Judaea jarang ditemukan bangunan kuil," kata pernyataan para direktur eskavasi Anna Eirikh, Hamoudi Khalaily dan Shua Kisilevitz.

Dalam kuil tersebut ditemukan guci keramat yang diperkirakan berusia 2.750 tahun. "Di antara temuan terdapat tembikar berbentuk pria, salah satunya berjenggot, yang asal-usul dan sejarahnya masih belum diketahui," ujar pernyataan mereka.

Menurut mereka, tembikar itu berasal dari Zaman besi. Desain kuil sama dengan bangunan agama lainnya di zaman itu. Dalam pernyataan Kementerian Budaya Israel, dinding kuil itu sangat lebar, pintunya menghadap timur, sesuai dengan tradisi agama di Timur Dekat (Near East).

"Sinar Matahari dari timur akan menyinari objek di dalam kuil, menyimbolkan sucinya keberadaan benda itu. Sebuah struktur kota mungkin adalah altar di tengah pekarangan kuil," tulis pernyataan kementerian itu. (art)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
antisrael
23/02/2013
Indonesia tidak mengakui Israel, seharusnya ditulis wilayah Palestina yg diduduki Israel/ pendudukan israel. Bagi yang suka menghina agama Gw, ketahuilah, paus resign karena para uskup pada sodomi dan pedofil. Sorry to say.
Balas   • Laporkan
vatsodagama
05/02/2013
israel itu
Balas   • Laporkan
yantosundari
23/01/2013
Apapun klaim para ontaers dan sobaners, tetap saja tak terbanahkan bahwa peradaban dimulai dari israel dan daerah sekitarnya jauh banget jarat timut tengah ke arabian ribuan mil jaraknya masa sih baitul didirikan pertama disana, ngarangses
Balas   • Laporkan
fakelord
02/01/2013
kasian domba2-ku banyak yg tersesat.. ironmaiden akan datang ke israel secepatnya, kuberkat dia dg urapan untuk menjadi raja israel dan mempermalukan dirinya sendiri... amen, aman, ampun!!!
Balas   • Laporkan
iron maiden | 03/01/2013 | Laporkan
sbg raja israel gw ampuni kepicikanmu yg buta sejarah, selain ngoceh gak keruan ha ha haa
tantokw
02/01/2013
TERLALU RUMIT MEMBAHAS ISRAEL PALESTINA,HARUS MENGKAJI SEJARAH YG PANJANG,SELAIN ITU MASING2 PIHAK MEMILIKI ARGUMEN YG GAK MUNGKIN NYAMBUNG.SEBAIKNYA MASING2 KITA HIDUR BENAR DAN JUJUR BIAR BISA MASUK SORGA,KELAK AKAN TERBUKTI MANA YG BENAR,MANA YG SALAH
Balas   • Laporkan
iron maiden | 03/01/2013 | Laporkan
gak rumit bila SEMUA PIHAK OBYEKTIF, namun pihak arablah yg tdk obyektif, sdh tau musa- daud-sulaiman-isa-maryam semuanya yahudi kok DIBAJAK menjadi arab di kitab sucinya, ini pengibulan yg nyata
iron maiden
01/01/2013
yg phobia dgn yahudi israel termasuk alloh sendiri,tolong lihat kenyataan bhw yahudi itu bangsa TOP, populasi cuma dibawah 10 jutaan tp bisa mengalahkan 200 juta arab, ini MUKJIZAT yg NYATA namun kaum mukmin sok bener sendiri sehingga tertipu
Balas   • Laporkan
iron maiden
01/01/2013
utk firmanregar yg sok pinter tp, tolong baca saja buku YERUSALEM karangan karen armstrong dan buku dgn judul serupa karangan trias kuncahyono, maka anda akan tau sejarah yerusalem itu sejarah yahudi;daud-sulaiman dan mereka bukan arab!!!
Balas   • Laporkan
firmanregar | 03/01/2013 | Laporkan
Tapi saya sih paham buat monyet kayak lu, oh iya kenapa lu kagak pindah ke sono aje yah? huaahahaha :v
firmanregar | 03/01/2013 | Laporkan
Sebagai manusia yang di anugrahi otak, lu mestinya selektif waktu baca tulisan pendapat karangan orang. Lu baru baca satu judul buku saja udah ngoceh ngences panjang lebar, komen banyak, trus ngehina arab (baca:nyampah) lagi? Tapi saya sih paham buat mony
firmanregar | 03/01/2013 | Laporkan
Sebagai manusia yang di anugrahi otak, lu mestinya selektif waktu baca tulisan pendapat karangan orang. Lu baru baca satu judul buku saja udah ngoceh ngences panjang lebar, komen banyak, trus ngehina arab (baca:nyampah) lagi? Tapi saya sih paham, oh iya k
iron maiden
31/12/2012
ini bukti kuat bahwa yahudi israel itu adalah pemilik sah palestina, sdgkan arab itu penumpang gelap, terbukti dari MUSA-DAUD-SULAIMAN hingga ISA semuanya yahudi tulen BUKAN ARAB!!!!, mosok yahudi bicara arab di al quran? wkwkwkw
Balas   • Laporkan
firmanregar | 01/01/2013 | Laporkan
Gua saranin lu sono belajar sejarah dulu deh, baca Al-Qur'an jangan setengah-setengah biar lu kagak ketauan begonye. Karna sepertinya nabi yang lu tau cuma itu doang ye? kasihan, gak heran komennya ancur begini.. ckckckck.
hendratna
31/12/2012
nambahin yb di bawah....selain israel bangsa bejad,jg suka membunuh,teroris,bikin onar...
Balas   • Laporkan
iron maiden | 31/12/2012 | Laporkan
keliru, arablah bangsa pembunuh, dahulu jaman nabi banyak kabilah2 yahudi di mekkah dan medinah, namun setelah islam datang semua kabilah yahudi itu digenocida
alterakunsinyo
30/12/2012
sayang sekali israel itu bangsa yg bejat
Balas   • Laporkan
firmanregar | 01/01/2013 | Laporkan
@segoro: emang lu udah pernah ngaca? :D
iron maiden | 31/12/2012 | Laporkan
yg bejat itu arab, suka memperbudak manusia, malahan itu perintah agama katanya, boleh memakai budak semau gw, sampai kini tki2 banyak yg dipakai2 semaunya sehingga bunting
alterakunsinyo | 31/12/2012 | Laporkan
yg bela2'in israel sama bejatnya.


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id