Tips Menjelaskan Rumor Kiamat Kepada Anak-Anak

Bercerita kepada anak
Sumber :

VIVAnews - Rumor kiamat 2012 yang beredar memang semakin mengkhawatirkan. Apalagi, banyak tulisan di dunia maya yang terkesan ilmiah, yang berusaha menjelaskan mengenai kemungkinan fenomena alam yang menyebabkan kehancuran semesta.

Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) pun serius melakukan bantahan terhadap rumor kiamat. Ini dilakukan NASA, sebab isu kiamat mengakibatkan banyak remaja yang depresi dan mengungkap akan melakukan bunuh diri.

Penjelasan NASA tentu bermanfaat untuk meluruskan informasi mengenai kiamat 2012. Tapi bagaimana jika anak Anda yang bertanya? Tentu sulit untuk menjelaskannya.

Mengutip Huffington Post, berikut tips untuk meluruskan rumor kiamat 2012 kepada anak-anak.

1. Tanggapi dengan Serius

Ketakutan yang dihadapi anak tentu bukan hal ringan yang bisa dianggap enteng. Karena itu ada baiknya menanggapi ini dengan serius dan melakukan diskusi. Biarkan mereka lebih lepas untuk mengungkap ketakutan mereka.

2. Edukasi

Ini tentu waktu yang tepat untuk menjelaskan mengenai kenapa rumor ini muncul. Ada baiknya Anda bercerita semenarik mungkin mengenai asal-usul rumor yang didasarkan pada kalender bangsa Maya.

Ada baiknya Anda menyertai dengan gambar, dan menjelaskan bahwa 21 Desember 2012 merupakan akhir dari suatu b'ak'tun, yang terdiri dari 144.000 hari dalam siklus di kalender Maya. Anda juga bisa menjelaskan dengan melakukan perbandingan, bahwa tiap kebudayaan memiliki kalender yang berganti. Akhir suatu b'ak'tun bukan berarti akhir dunia, begitu pula akhir suatu tahun di kalender Masehi bukan berarti akhir dunia.

3. Bantu Riset Tentang Rumor Kiamat

Tentu ini kesempatan yang baik untuk mengajarkan mengenai peradaban bangsa Maya kepada anak Anda. Anda bisa menjelaskan mengenai megahnya peninggalan bangsa Maya di kawasan Amerika Tengah. Rumor soal kiamat pun berasal dari prasasti yang ditemukan di Guatemala yang berangka tahun 696 Masehi.

Selain itu, ini juga menjadi kesempatan baik untuk menanamkan ketertarikan anak Anda kepada astronomi. Jelaskan mengenai peristiwa-peristiwa perputaran planet, juga sejarah terbentuknya planet.

Setelah itu, Anda bisa mengajarkan mengenai perbedaan tiap benda-benda langit, termasuk kemungkinannya jatuh ke bumi, proses yang terkikis di atmosfer, dan sebagainya. Pakai referensi dari situs NASA dan sumber-sumber resmi yang bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

4. Diskusi dalam Sudut Pandang Agama

Ini juga bisa jadi kesempatan bagi Anda untuk menjelaskan mengenai isu kiamat dari sisi agama. Tiap agama sepertinya punya definisi dan pengertian sendiri tentang kiamat. Tentu menarik untuk menjelaskan mengenai kiamat dari sudut pandang agama, juga berbagai sudut pandang agama. Ini sekaligus jadi kesempatan bagi Anda untuk mengajarkan kepada anak untuk menyikapi perbedaan.

Gelar RUPST, PT Federal International Finance Angkat Siswadi Jadi Presdir Baru
Manajer Manchester United, Erik ten Hag

Ten Hag Ungkap Pemain Ini Bakal Bawa Kesuksesan untuk MU

Manajer Manchester United, Erik Ten Hag masih percaya dengan Casemiro, meski sang pemain dinilai sudah mengalamai penurunan performa.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024