VIDEO: Fenomena Awan ‘Morning Glory’

Awan morning glory
Sumber :
  • ANTV

VIVAnews – Awan ‘morning glory’ berbentuk seperti gulungan dan tabung yang panjangnya bisa mencapai 1.000 km dengan ketinggian 1-2 km. Awan ini terkadang berada pada ketinggian hanya sekitar 100-200 meter dari permukaan bumi.

Awan morning glory bergerak dengan kecepatan 60 km per jam. Formasi awan ini kerap tidak hanya terdiri dari satu gulungan awan panjang, tapi bisa mencapai delapan gulungan sekaligus.

Ratusan Rumah di Bekasi Terendam Banjir, Mayoritas Ditinggal Mudik Lebaran

Awan jenis ini pernah terlihat di banyak lokasi berbeda di seluruh dunia. Namun hanya dapat diprediksi dan diobservasi dengan cermat di bagian utara Teluk Carpentaria, Queensland, Australia.

Morning glory terbentuk akibat tiupan angin laut dari barat yang lebih kuat dan hangat ketimbang angin timur. Ketika angin barat ini menggulung angin timur, terbentuklah awan morning glory.

Tempat terbaik untuk melihat awan itu adalah di selatan Australia pada bulan September-November, di pagi hari. Lihat fenomena unik awan morning glory .

M. Qodari Sebut Rencana Pertemuan Prabowo-Megawati Terganjal Sikap Ambigu PDIP
Korps Garda Revolusi Islam (IRGC)

Video Detik-detik Militer Iran Terjun dari Helikopter Untuk Sita Kapal Kontainer Israel

Rekaman tersebut pun kini viral di media sosial, menunjukkan beberapa pasukan Iran terjun dari helikopter ke dek kapal menggunakan tali. Dalam rekaman video, seorang angg

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024