Nokia Akan Kembangkan Smartphone Android?

Kantor Nokia di Tampere, Finlandia
Sumber :
  • ggpht.com

VIVAnews - Nokia saat ini dikenal sebagai produsen smartphone yang mengandalkan sistem operasi Windows Phone. Kerjasama Nokia dengan Microsoft pun seolah mempertegas posisi Nokia sebagai pembesut Windows Phone, dan tak lagi mengoptimalkan sistem operasi Symbian.

Tapi Nokia dicurigai ingin mengembangkan smartphone yang menggunakan sistem operasi Android. Hal ini terungkap dari post Nokia di situs pencari profesional LinkedIn.

YouTube Luncurkan sebuah Serial Dokumenter 5 bagian berjudul “Seribu Kartini”

Di LinkedIn, Nokia mencari insinyur pengembang software, khususnya yang menguasai Linux. Untuk diketahui, Linux merupakan inti dari pengembangan Android. Saat ini posisi itu sudah tak lagi aktif, mungkin sudah terisi dan berhasil didapatkan Nokia.

Laman Gizmodo mengatakan, post itu konsisten dengan langkah Nokia yang ingin mencoba masuk dan mengeksplorasi wilayah Android, meskipun bersifat tentatif. Post itu menyebut, calon insinyur Nokia itu akan bekerja di "lingkungan start-up" dan mengembangkan "produk-produk menarik".

Nokia juga mengatakan sedang merencanakan "masa depan teknologi telepon mobile". Ada kemungkinan ini merujuk sebuah platform baru.

Bisa jadi akan ada sistem operasi lain yang ingin dikembangkan Nokia. Sistem operasi berbasis Linux yang dikembangkan itu akan memiliki nama "Meltemi".

Selain itu ada kemungkinan juga pengembangan sistem operasi Tizen. Meski begitu, sistem operasi Tizen yang merupakan variasi Linux saat ini dikembangkan oleh Samsung yang bekerja sama dengan Intel.

Sedangkan TechRadar menyebut kemungkinan lain, yang merupakan alasan Nokia mencari pengembang Linux. Kemungkinan itu adalah pengembangan Nokia Maps agar bisa digunakan di sistem operasi Android. Tentu aplikasi ini akan menambah kaya aplikasi pemetaan di Android, meski saat ini Google Maps masih menjadi aplikasi pemetaan yang utama.

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia
Ketua Umum PSSI Erick Thohir

Ditanya Kontrak STY, Erick Thohir Sebut Sepakbola Indonesia di Jalur yang Tepat

Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI kembali mendapat pertanyaan mengenai masa depan pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Sampai sekarang belum ada kejelasan.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024