Microsoft Jamin Support Windows RT di Surface Hingga 4 Tahun

Tablet Surface buatan Microsoft
Sumber :
  • mashable.com

VIVAnews - Setelah satu bulan merilis sistem operasi baru Windows RT
yang dibenamkan pada tablet andalannya, Surface, Microsoft mengungkapkan garansi dukungan (support) untuk update Windows RT. Dukungan diberikan setidaknya sampai empat tahun ke depan.

Dalam sebuah post di halaman Support Lifecycle di situs resminya, perusahaan yang didirikan Bill Gates ini telah secara resmi mengumumkan bahwa mereka akan menjamin tablet Surface generasi awal selama empat tahun.

Padahal biasanya, Microsoft memberi mendukung Windows versi konsumen dan bisnis untuk jangka lima tahun. Dukungan ini dikenal dengan istilah "fase utama dukungan".

Namun mengingat Surface dengan Windows RT merupakan kombinasi hardware-software, Microsoft gunakan peraturan yang berbeda. Microsoft memutuskan bahwa dukungan utama untuk Windows RT akan sampai 11 April 2017. Ini artinya Microsoft menjamin keberadaan Windows RT di Surface hampir 4,5 tahun setelah rilis awal produk pada akhir Oktober lalu.

Karena perangkat ini dianggap sebagai perangkat konsumen. Sehingga tidak ada perluasan dukungan sampai jangka waktu yang ditentukan tersebut (Extended Support End Date). Dalam salah satu halaman resminya, Microsoft menegaskan dukungan untuk produk perangkat keras konsumen selama fase Mainstream Support.

"Perbaikan hardware atau penggantian dan komponen tersedia di seluruh dukungan lifecycle. Layanan gratis untuk produk bergaransi dan juga tersedia layanan gratis untuk produk di luar garansi. Update tersedia untuk perangkat lunak atau firmware dan OS yang tertanam dalam perangkat keras," tulis Microsoft.

Dengan demikian, pembeli Surface dengan Windows RT bisa mendapatkan update firmware (software yang berisi program data), setidaknya sampai April 2017. Dukungan update Windows RT juga berlaku untuk perangkat lunak Home Office dan Student 2013.

Garansi dukungan yang dikeluarkan tersebut dipandang terlalu baik jika dibandingkan dengan kompetitor tablet lain. Untuk iPad versi original yang dirilis pada awal 2010, tidak lagi memenuhi syarat untuk update iOS, keamanan atau sebaliknya, padahal tablet tersebut baru 2,5 tahun. Demikian juga, pengguna tablet Nexus 10 yang tidak jelas berapa lama akan menerima update.

Hal yang sama juga berlaku untuk tablet yang menggunakan sistem operasi Android dari Google, seperti Samsung. Mengingat rekam jejak Google, perangkat Android mungkin tidak didukung selama lebih dari beberapa tahun.

Demikian juga, tablet besutan Amazon, Kindle dan Barnes maupun Nook Noble juga belum jelasĀ  dalam hal dukungan update sistem operasinya.

Sejumlah mitra perusahaan perangkat keras termasuk Dell, Acer, dan Samsung, segera akan melakukan pengiriman perangkat dengan Windows RT. Tapi hingga saat ini halaman dukungan lifecycle Microsoft masih tertutup soal jangka waktu dukungan upgrade di perangkat non-Surface..

12 Fakta yang Diklaim Tak Terbantahkan Dibeberkan Kubu Ganjar-Mahfud pada Sidang PHPU

Tapi mengingat Windows RT sebagai sistem operasi konsumen, sistem operasi ini akan didukung selama lima tahun sejak kebijakan terbaru ini diberlakukan. (ZD Net | umi)

Ilustrasi Gelombang Tinggi

BMKG Peringatkan Masyarakat Waspadai Hujan Badai di 27 Provinsi

BMKG mengingatkan masyarakat agar mewaspadai hujan badai atau hujan yang dapat disertai petir atau kilat di sejumlah titik di 27 provinsi di Indonesia pada Kamis.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024