Ilmuwan Pakai Nama Lady Gaga untuk Genus Pakis Baru

Lady Gaga dan pakis gametophyte
  • Duke University

VIVAnews - Seluruh anggota Genus pakis yang baru ditemukan menyandang nama bintang pop sensasional, Lady Gaga. Alasannya sederhana, bagi para ilmuwan, tanaman pakis itu mengingatkan pada penyanyi "Poker Face".

Genus Gaga terdiri dari 19 spesies pakis berbeda, yang diklaim memiliki persamaan luar biasa dengan bintang yang yang selalu tampil penuh warna dan kadang nyeleneh itu. Demikian menurut ahli biologi yang menamai tanaman itu seperti dilansir Daily Mail.

Termasuk di dalamnya adalah Gaga germanotta -- kata terakhir diambil dari nama asli Lady Gaga, Stefani Joanne Angelina Germanotta. Spesies yang lain diberi nama  Gaga monstraparva, yang jika diterjemahkan, kata kedua berarti "monster-little", mirip dengan sebutan para fans setia Gaga, Little Monster.

Penjualan Mobil Diprediksi Menurun, Dampak BI Rate

Genus pakis yang menyandang nama Lady Gaga

Saat tumbuh, masing-masing tanaman dalam genus Gaga bereproduksi secara seksual. Sebagai jantan, betina, atau biseksual. Karena itulah para ilmuwan memberi nama Gaga, sebagai penghormatan atas perjuangan artis itu dalam hal kesetaraan gender.

Selama fase tumbuh, pakis Gaga membentuk pola hati, memancarkan warna hijau terang, lagi-lagi itu membuat ingatan profesor biologi, Kathleen Pryer melayang pada busana keluaran Armani yang dipakai Lady Gaga dalam ajang Grammy Awards 2010.

Sala satu spesies yang daunnya bergulung mirip bola kecil dianggap mengingatkan pada gaya "mencakar" Gaga saat menyapa fans-nya.

Alasan paling luar biasa dan masuk akal secara ilmiah berasal dari DNA genus pakis tersebut, para ilmuwan menemukan pasangan gen yang muncul berurutan, GA GA. Satu-satunya yang dimiliki segala pakis yang ditemukan sejauh ini di muka Bumi.

Pakis tersebut ditemukan di seantero Amerika, dua di antaranya benar-benar baru ditemukan, sementara lainnya adalah reklasifikasi pakis yang sebelumnya keliru dikategorikan dalam genus lain.

"Kami mempersembahkan genus ini pada Lady Gaga atas dedikasinya memperjuangkan kesetaraan dan kebebasan individu untuk berekspresi," kata Pyer. "Musiknya kerap mengiringi kerja penelitian kami."

Pyer menilai album kedua Gaga, Born This Way adalah sebuah seruan pemberdayaan, untuk orang-orang yang kehilangan haknya, LGBT, kelompok etnis. "Juga para ilmuwan yang kerjanya mempelajari pakis aneh."

Ini bukan kali pertamanya nama selebritis diubah menjadi nama ilmiah mahluk tertentu. Sebelumnya, semacam tumbuhan laut mengambil nama Barack Obama, tanaman hutan pemakan daging mengambil nama Helen Mirren, dan serangga dengan bokong besar diberi nama 'bootylicious', terinspirasi dari Beyonce.  (umi)