Sakit Misterius, Wajah Tiba-tiba Bengkak Selama 10 Tahun

Wajah bengkak misterius
Sumber :
  • New England Journal of Medicine

VIVAnews -- Seorang perempuan berjuang hampir 10 tahun, mengatasi dan mencari tahu sebab penyakit aneh yang ia derita: pembengkakan wajah parah yang muncul secara berkala.

Seperti dimuat New England Journal of Medicine, 18 Oktober 2012 Dr. Didier G. Ebo dan Chris H. Bridts dari the University of Antwerp, Belgia menulis tentang kasus seorang perempuan 54 tahun yang mendatangi klinik dengan kondisi pembengkakan yang bersifat progresif di wajahnya.

Dalam satu episode pembengkakan, yang berdurasi selama dua sampai enam jam, wajah perempuan malang tersebut akan membengkak, sampai pada titik di mana bibirnya menggelembung dan wajahnya berubah bentuk.

Pasien yang tidak diungkap namanya tersebut tidak menunjukkan gejala sesak nafas, meski selama hampir 10 tahun, lidah, laring,  dan torsonya ikut membengkak.

Diagnosis sementara dokter, pasien menggalami hereditary angioedema tipe III, kasus langka yang menunjukkan problem serius dalam sistem kekebalan yang menyebabkan pembengkakan di wajah -- demikian menurut US National Library of Medicine.

Kasus ini biasanya disebabkan karena level rendah protein yang diketahui sebagai inhibitor C1. Namun, karena level C1 perempuan tersebut normal, maka ia didiagnosa dengan tipe III.

Jadi, apa penyebab tipe III tersebut?

Dokter menduga, hereditary angioedema tipe III disebabkan pembentukan bradykinn peptida, yang biasanya terjadi pada orang yang mengonsumsi ACE inhibitor, obat-obatan yang digunakan terutama dalam pengobatan hipertensi dan gagal jantung. Namun anehnya, pasien itu tidak memakainya.

Perempuan tersebut akhirnya diberi obat transexamic acid yang digunakan dalam pengobatan berdarah saat menstruasi. Ia juga diminta menjauhi ACE inhibitor atau Angiotensin Receptor Blocker (ARB), keduanya adalah obat hipertensi. "Setelah tiga tahun perawatan, pasien mengaku periode pembengkakan yang ia alami tak separah sebelumnya, dan tidak sesering dulu," demikian ujar dua dokter dalam  New England Journal of Medicine.

Sumber: FOXNews, eh

Terpopuler: Netizen Serang Wasit Nasrullo Kabirov, Ivar Jenner Sebut Qatar Badut
Polusi Udara Jakarta

Hari Kedua Pasca-Libur Lebaran, Kualitas Udara di Jakarta Terburuk Kelima di Dunia

Kualitas udara di DKI Jakarta menjadi yang terburuk kelima di dunia pada hari kedua pasca-liburan Idul Fitri, Rabu pagi.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024