Foxconn Pekerjakan Anak, Nintendo Akan Investigasi

Para pekerja di suatu pabrik.
Sumber :
  • REUTERS/Bobby Yip/Files

VIVAnews - Perusahaan manufaktur asal China, Foxconn, mengaku telah mempekerjakan buruh magang anak-anak yang rata-rata berusia 14 tahun. Pengakuan ini menambah daftar cela Foxconn, karena sebelumnya diprotes atas perlakuan buruk terhadap pekerja. Sejumlah aksi bunuh diri pekerja pun tercatat terjadi di pabrik Foxconn.

Selama ini, Foxconn dikenal sebagai manufaktur yang merakit komponen untuk produk Apple. Tapi tak hanya Apple saja yang menggunakan jasa Foxconn, tapi juga perusahaan konsol game Nintendo.

Mengutip laman Forbes, Nintendo juga memiliki kontrak dengan Foxconn untuk memproduksi Wii U. Saat ini, Nintendo pun berencana melakukan investigasi untuk mencegah adanya pekerja anak-anak yang merakit produk Wii U.

"Kami memiliki tanggung jawab sebagai perusahaan global yang serius dan berkomitmen dalam kebijakan etika di perekrutan, manufaktur, dan perburuhan," demikian pernyataan Nintendo, seperti dikutip dari laman Forbes.

Untuk memenuhi tanggung jawab sosial tersebut, Nintendo pun mengaku sudah punya CSR Procurement Guidelines. Panduan ini sudah berlaku sejak Juli 2008 dan berharap aturan yang ada ditaati oleh sejumlah manufaktur, termasuk Foxconn.

"Ini berdasarkan hukum yang sesuai, standar dan panduan internasional. Jika ada mitra kami yang tak sesuai panduan, kami akan meminta mereka untuk mengubah praktek mereka sesuai kebijakan Nintendo," lanjut pernyataan Nintendo.

Sebelumnya, Foxconn mengaku bersalah telah mempekerjakan anak di bawah umur. Sebab menurut peraturan di Cina, usia minimal untuk pekerja magang adalah 16 tahun.

"Pelanggaran ini sepenuhnya adalah tanggung jawab perusahaan kami dan kami telah meminta maaf kepada setiap siswa yang magang. Dalam investigasi kami nanti, setiap pegawai Foxconn yang diketahui bersalah, akan segera dipecat," tulis Foxconn dalam pernyataannya, seperti dilansir dari BBC.

Selain Apple dan Nintendo, Foxconn juga diketahui bermitra dengan sejumlah perusahaan teknologi lain, misalnya Microsft dan Hewlett Packard. Tapi hingga saat ini baru Nintendo yang membuat pernyataan secara resmi.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman
Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024