Layar Sentuh Cegah Berakhirnya Era PC

Intel perkenalkan ultrabook dengan touchscreen
Sumber :
  • theverge.com

VIVAnews - Sejumlah kalangan memprediksi era PC akan berakhir, seiring dengan kian populernya komputer tablet. Namun Intel tidak setuju. Menurut raksasa pembuat chip dunia ini, PC tetap akan berkembang di tengah gelombang bertumbuhnya tablet.

Inovasi teknologi layar sentuh pada perangkat ultrabook, menurut Intel dipandang akan tetap mempertahankan PC.

"Teknologi layar sentuh akan menjadi jawaban untuk menghindari akhir dari era PC," jelas Santosh Viswanathan, Country Manager Intel Indonesia, di Jakarta, Rabu 17 Oktober 2012.

Santosh yakin nantinya perkembangan PC akan hadir dengan inovasi teknologi. PC akan hadir dengan sejumlah fitur yang tinggi.

"PC yang sekarang akan lebih berkembang, dan ini akan menaikkan PC. Apalagi nanti akan muncul prosesor generasi keempat Intel pada tahun depan," katanya.

Intel juga memaparkan bahwa kecenderungan konsumen akan lebih memilih PC dengan layar sentuh. Dalam riset internal Intel, pelanggan ditanya perangkat komputasi apa yang dipilih jika dengan Windows 8, sebanyak 44 persen memilih ultrabook convertible, 31 persen memilih ultrabook layar sentuh dengan desain clamshell, 22 persen tablet dan 3 persen menginginkan ultrabook tanpa layar sentuh.

Meski saat ini ultrabook hadir dengan harga yang masih premium, ke depan Intel berencana menghadirkan notebook sentuh dengan desain clamshell di bawah US$500 tahun depan.

Intel telah memperkenalkan teknologi layar sentuh pada kategori ultrabook. Akhir tahun ini, akan muncul 40 varian ultrabook dengan teknologi layar sentuh. Varian tersebut akan hadir dengan desain chamshell dan convertible.

Sebagaimana diketahui, menurut IDC, di Indonesia penuruan pasar PC telah terjadi di kuartal II-2012. Jika dibanding kuartal sebelumnya penurunan mencapai 6,3 persen. Sedangkan dibanding kuartal yang sama pada tahun lalu jumlahnya merosot 3,6 persen atau berkurang hingga 1,3 juta unit.

Menurut IDC, penurunan disebabkan oleh semakin rendahnya permintaan komputer di segmen komersial, yakni sebesar 22 persen.

Konser Band All Time Low Siap Digelar, Supermusic Janjikan Hal Ini

Adapun prediksi akan berakhirnya era PC pertama kali diungkapkan pendiri Apple Steve Jobs. Saat memperkenalkan iPad pada 2010 silam, Steve Jobs begitu yakin tablet akan menjadi "pembunuh PC". Meski belum sepenuhnya benar, ucapan Steve Jobs itu seperti menjadi kenyataan dengan tumbuhnya pasar tablet. (ren)

Viral pegawai minimarket ribut dengan juru parkir liar

Viral Pegawai Minimarket Ribut dengan Tukang Parkir Liar, Netizen: Premanisme Terselubung

Viral video serang karyawan minimarket adu mulut dan nyaris baku hantam dengan seorang juru parkir ilegal. Peristiwa ini diduga terjadi di Pontianak dan viral di medsos.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024