Di Arab, Aksi Nekat Terjun dari Angkasa Jadi Lelucon

Felix Baumgartner lompat dari kapsul di stratosfer
Sumber :
  • REUTERS/Jay Nemeth/Red Bull Stratos Content Pool/Handout

VIVAnews - Aksi berani Felix Baumgartner meloncat dari angkasa di ketinggian 39 kilometer mengundang decak kagum banyak orang. Loncatan lelaki berusia 43 tahun tersebut melebihi kecepatan suara saat meluncur bebas ke bumi. Para astronot pun menyatakan salut atas aksi nekat yang dilakukan Felix.

Namun, masyarakat Arab malah menjadikan aksi Felix sebagai ledekan dan dianggap sebagai sebuah lelucon. Di jejaring sosial Twitter, bahkan muncul trending topic "Bagaimana jika Felix merupakan orang Saudi?"

Salah satu tweet itu misalnya: "Kalau Felix orang Saudi, ia akan memiliki keranjang yang penuh dengan nomor telepon untuk disebar ke bumi, sebagai penebus rindu kepada semua gadis yang dia rindukan."

Ini sebenarnya sebuah kritik dari generasi muda akan ketatnya aturan yang memisahkan interaksi laki-laki dan perempuan. Ketatnya aturan itu malah kemudian memunculkan aksi yang disebut "Targeem", atau memberikan nomor telepon kepada para gadis dengan cara yang kreatif. 

Sementara ada pula tweet sindiran secara kasar, yang ditulis seorang perempuan. "Jika Felix orang Saudi, ia akan mendedikasikan lompatannya kepada keluarga kerajaan dan Saudi sebagai bangsa yang bermartabat, setelah ia mendarat."

Komentar-komentar sinis juga ditulis untuk menyindir kemewahan yang identik dengan gaya hidup Barat. Misalnya saja Tweet yang mengatakan tak mungkin Felix merupakan orang Lebanon, sebab dia mengenakan pakaian angkasa dengan brand Armani dan pesawatnya bukanlah Porsche.

Sejumlah akun twitter dari Lebanon malah meledek sebuah acara talk show terkenal di Lebanon, yang dibawa Zaven Kouyoumdjian. Selama ini Zaven dikenal sebagai pembawa acara talkshow yang sering menanyakan perasaan bintang tamunya akan banyak hal, yang sebenarnya dianggap tak penting.

Jika Felix orang Lebanon maka, "Zaven akan bertanya kepadanya: Bagaimana perasaan Anda ketika melompat? Takut kan?"

Zaven Kouyoumdjian sendiri malah bersikap berbeda dengan orang Lebanon dan memberikan semangat kepada Felix. Sebab jika gagal, menurut Zaven, Felix telah berhasil menjadi lelucon di Lebanon. 

"Semoga berhasil @FelixBaumgart, semoga kamu memecahkan rekor. Jika tidak, kamu sudah menghasilkan lelucon terbaik bagi orang Lebanon hari ini," tulis Zaven.

Tapi ada juga orang Arab yang menanggapi aksi Felix secara serius. "Orang Inggris berdoa untuk Felix berhasil selamat. Sementara orang Arab terlalu sibuk membuat lelucon tentang dia," tulis tweet itu.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman

Sumber: Al Arabiya

Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024