TEKNOLOGI

VIDEO: Terungkap, Piring Terbang Mirip UFO Buatan AS

Pembuatan piring terbang inisiatif militer. Namanya Project 1794.

ddd
Senin, 8 Oktober 2012, 12:00
Ide piring terbang buatan AS
Ide piring terbang buatan AS (National Archives of USA)

VIVAnews -- Laporan kedatangan mahluk luar angkasa atau alien ke Bumi, dengan menggunakan piring terbang -- tak pernah terkonfirmasi secara resmi dan belum terbukti secara ilmiah.

Namun, moda trasportasi mirip piring terbang ternyata pernah dibuat oleh militer Amerika Serikat. Diagram dan sketsa detil pesawat itu dirilis bulan lalu oleh Badan Arsip Nasional (National Archives).

Seperti yang dimuat dalam arsip, inisiatif untuk membuat piring terbang itu datang dari militer, dinamakan Project 1794, yang memiliki tujuan membuat piring terbang yang kuat dan dapat berfungsi untuk melakukan patroli udara.

Piring terbang buatan AS

Dalam memo tahun 1956 terungkap, pesawat ditargetkan bisa melaju dengan kecepatan maksimal antara Mach 3 dan Mach 4, melayang di ketinggian 100.000 kaki atau 30.000 meter, dan daya jangkaunya maksimal 1.000 mil laut.

Target lain, piring terbang itu bisa terbang di lapisan stratosfer, dengan kecepatan 2.600 mil per jam, kemampuan untuk take-off dan mendarat secara vertikal, dan dikontrol dan distabilkan dengan pendorong jet. Saking cepatnya, perjalanan New York - Miami cukup ditempuh 24 menit.

Lalu bagaimana nasib proyek ini?

Diketahui, para insinyur telah melakukan tahap awal, lalu membangun desain prototipe. Namun pada akhirnyausaha mereka pupus.

Proyek ini ditakdirkan gagal, meski para ilmuwan yang terlibat yakin, mereka di jalur yang benar.

Bahkan dalam memo di tahun yang sama, perkembangan pembangunan piring terbang diklaim melampaui harapan. "Desain saat ini akan menyediakan kemampuan superior seperti yang diperkirakan dalam negosiasi kontrak."

Namun, mungkin itu hanya optimisme ilmiah, atau harapan berlebih, karena proyek itu berakhir pada tahun 1960.

Kendalanya adalah soal pembiayaan, untuk meneruskan pembangunan prototipe tersebut membutuhkan uang sebanyak US$3,1 juta atau sekitar US$26,6 miliar jika dibandingkan dengan nilai uang saat ini. Sungguh jumlah yang luar biasa untuk proyek yang belum dipastikan bakal berakhir.

Dan menurut wired.com, usaha keras saat itu gagal mencapai target ketinggian piring terbang yakni 100.000 kaki. Lihat videonya di tautan ini.

Piring terbang buatan AS

Sumber: Daily Mail



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com