TEKNOLOGI

Ada Penampakan Hantu Perang Dunia II di Foto Ini?

Sebanyak 2.400 tentara Sekutu tewas saat berbaris Sandakan-Ranau.

ddd
Jum'at, 28 September 2012, 13:15
Foto yang diambil Mayor John Tulloch saat melakukan napak tilas ke rute maut para tawanan perang.
Foto yang diambil Mayor John Tulloch saat melakukan napak tilas ke rute maut para tawanan perang. (Daily Mail| Credit: Major John Tulloch)

VIVAnews - Ini kisah nyata yang terjadi di Kalimantan Utara tahun 1945 lalu, di tengah Perang Dunia II. Buruh dan tawanan perang dipaksa berbaris dari Sandakan menuju Ranau, di bawah todongan senjata tentara Jepang.

Kondisi mereka memprihatinkan, gizi buruk akibat kurang makan dan kelelahan. Bertelanjang kaki, para tawanan menempuh jarak 160 mil di tengah cuaca terik, selama satu bulan.

Siapa yang rubuh karena kelelahan dibiarkan merenggang nyawa, ditembak, ditusuk bayonet, bahkan disembelih. Sungguh siksaan tak terperi. Bahkan dikisahkan, untuk bertahan hidup para tawanan terpaksa menjadi kanibal, memakan mayat temannya sendiri.

Tiga kali pemberangkatan semua berakhir tragis, lebih dari 3.600 orang Indonesia dan Filipina yang diperbudak dan 2.400 tawanan perang tentara Sekutu kebanyakan dari Australia tewas. Hanya enam tentara Australia yang selamat, berhasil melarikan diri.

Tragedi sejarah yang terlupakan itu kini kembali mengemuka, lewat selembar foto.

Pada tahun 2010 lalu, seorang pensiunan tentara Inggris, Mayor John Tulloch melakukan napak tilas ke rute maut para tawanan perang. Ia mengira kamera yang ia jepretkan dari mobil yang melaju merekam rute berliku "barisan kematian" yang mengambil banyak nyawa 70 tahun silam.

Justru kejutan yang ia dapatkan. Saat melihat gambar itu, ia menjumpai bayangan putih, kerangka bungkuk yang berbaris, persis di rute yang diambil para tawanan tujuh dekade lalu. Gambar mengerikan itu kembali mengingatkan kondisi mengerikan "barisan maut".

"Kami sedang berkendara di sepanjang rute maut, saya mengambil sekitar 200 gambar lewat kamera digital," kata dia, seperti dimuat Daily Mail, Kamis 27 September 2012.

Saat gambar itu dilihat di layar komputer ada penampakan aneh. "Saya merinding saat melihat 17 sampai 18 sosok hantu seakan ke luar dari hutan dan berjalan menyusuri rute menuju Ranau," kata dia.

Gambar itu ia tunjukkan ke sejumlah orang, beberapa dari mereka menyebutnya luar biasa, yang lain menolak untuk melihatnya, takut dihantui.

Tapi benarkah itu foto hantu?

Diduga ilusi fotografis itu dihasilkan dari refleksi handuk bermotif yang ada di dashboard mobil di mana dia mengambil gambar.

"Pemandu saya menaruh handuk di dashboardnya. Pola handuk itu tercermin lewat kaca," kata Tulloch. Namun, karena diambil di lokasi yang tepat, "saya  menyebutnya refleksi dari barisan kematian." (umi)

Baca juga

Heboh Foto Berani Ibu Muda Cantik Ini

Kejam, Mengapa Wanita Cantik Ini Diseret?

Manuver Pakai Sedan Super Mewah, ABG Arab Saudi Ini Nyaris Mati

Pesta Konyol 2 pemain Ini Berbuah Kartu Kuning, Kok Bisa?

Wanita Berinisial RG Itu Memang Sering Tidur di Rumah Saya

Ozil Pamer Foto Mesra dengan Pacar Cantiknya

FOTO Seksi Artis Tercantik Korea Ini Bikin Heboh

FOTO2 Artis Ternama Dunia yang Pakai Baju Indonesia

MObil Nissan yang Keren dan Macho Itu Dijual Lagi, Rp165,5 Juta

 

 

 

 

 

 



© VIVA.co.id
BERITA TERKAIT
Share :  
Rating
KOMENTAR
udin.s.bng
24/09/2013
TOLOL !!!!! :v
Balas   • Laporkan
banyboyzz
11/01/2013
bagi yg bilang kalimantan utara gak ada, saya turut prihatin xD hahaha saya asli org kalimantan, kan udah ada d berita ttg kalimantan utara, ibu kotanya namanya "tarakan" mnding sring2 baca koran ato nonton berita deh dr pada malu maki2 ga wajar
Balas   • Laporkan
riyan.pratama.35175
11/01/2013
baru tw kalo ada kalimantan utara.. gw dah 17 taun di kalimantan baru pertama x denger ... kalimantan utara.
Balas   • Laporkan
banyboyzz | 11/01/2013 | Laporkan
aduh gan, kan udah ada britanya,, udah lama lg gan,, saya jg org kalimantan, kan udah ada jg tuh d umumkan d tv lokal kalimantan
blitaryan
24/11/2012
kang viva beritamu maaf. jangan yng kaya' gini. yang lebi bermanfaat banyak. teknologikah, pendidikah, politikkah apalah jangan cuma isu dan mitos aje.
Balas   • Laporkan
rambo.ijo
19/11/2012
Justru kejutan yang ia dapatkan. Saat melihat gambar itu, ia menjumpai bayangan putih, kerangka bungkuk yang berbaris, persis di rute yang diambil para tawanan tujuh dekade lalu. Gambar mengerikan itu kembali mengingatkan kondisi mengerikan "barisan maut"
Balas   • Laporkan
rambo.ijo | 19/11/2012 | Laporkan
cuma wartawannya yg tw tu foto asli apa..tolong suruh wartawannya call saya,, saya mau kasih foto2 penampakan seperti artikel diatas yg ada byk saya simpan di lemari rumah saya LP
djcamfrog
18/11/2012
oiiiii katro lu... lu orang indonesia apa bukan sihh.. kalimantan utara mana ada begooo nih orang malaysia pasti nih ngada ngada aja kalimantan utara.... ini dlu sd ga lulus kali yahhh klo org indonesia.... jadi ga tau nama" kota.. tololnya kebangetann kk
Balas   • Laporkan
banyboyzz | 11/01/2013 | Laporkan
katro bilang katro, bilang bego lg, tmbah lg bilang tolol d akhir -___-, y gini nih gara2 jarang nonton/dengar/liat berita, jd maluin diri sndiri, kalimantan utara udah ada bro, itu yg daerah tarakan,,
energi.hati | 22/12/2012 | Laporkan
haha saya jadi cekakak melihat koment ini
rambo.ijo | 19/11/2012 | Laporkan
baca ini Daftar provinsi di Indonesia
kittysuryo
17/11/2012
Artikel bhs asing yg diterjemahkan ke bhs Indonesia harusnya liat2 juga keadaan yg ada, pasalnya skrg sudah ada provinsi baru bernama Kalimantan Utara, sementara yang dimaksud artikel di atas ada di Sabah, Malaysia (North Borneo)
Balas   • Laporkan
djcamfrog | 18/11/2012 | Laporkan
ga ada brooo diindonesia cuma ada 4 pulau kalimantan barat, tengah, timur, dan selatan utara gada broo... malysia cuma bisa ngaku" barang" indonesia milik dia... mereka ga modal.. apa lu org malaysia???
agurekaz
07/11/2012
perang dunia 2 yah..fotonya udah berwarna? seleksi yang benar untuk berita mas...asal post bukan prinsip wartawan sama sekali
Balas   • Laporkan
kittysuryo | 17/11/2012 | Laporkan
Baca yang bener dulu mas, sebelum nyalahin wartawannya :D
moko46
07/11/2012
HOAX...... Mana ada KALIMANTAN UTARA....?
Balas   • Laporkan
kittysuryo | 17/11/2012 | Laporkan
Kalimantan Utara adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian utara Pulau Kalimantan. Provinsi ini berbatasan langsung dengan negara tetangga, yaitu Negara Bagian Sabah dan Serawak, Malaysia Timur. Saat ini, Kalimantan Utara merupakan prov
aguswyn1
15/10/2012
dasar fotografer amatiran.., kalau mau ambil foto yg benar turun dari mobil, bukannya dari dalam mobil yg sedang melaju kencang dengan kaca pintu tertutup
Balas   • Laporkan
matthonly | 19/11/2012 | Laporkan
Kayaknya ngambil gambarnya juga ga sengaja tuh, kayak asal foto tiba2 dapet


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id