TEKNOLOGI

VIDEO: Pesawat Baru Iran Diklaim Bisa Bom Israel

Pesawat itu dinamai Shahed 129 memiliki jangkauan 2.000 kilometer.

ddd
Kamis, 27 September 2012, 07:09
Pesawat Iran, Shahed 129
Pesawat Iran, Shahed 129 (Press TV)

VIVAnews -- Hanya beberapa bulan setelah menjatuhkan dan menguasai salah satu pesawat mata-mata tak berawak (drone) paling canggih Amerika Serikat, RQ-170, Iran kini memproduksi pesawat mata-mata versinya sendiri.

Para petinggi militer Garda Revolusi Iran mengungkap pesawat tak berawak pesawat jarak jauh terbaru yang diklaim bisa menjangkau sebagian besar wilayah Timur Tengah, termasuk musuh bebuyutan, Israel.

Pesawat itu dinamai Shahed 129 memiliki jangkauan 2.000 kilometer atau 1,240 mil. Tak hanya untuk melakukan misi pengintaian, tapi juga bisa membawa bom dan rudal.

Komandan Garda Revolusi, Jenderal Amir Ali Hajizadeh mendeskripsikan senjata baru itu sebagai strategi kunci yang menambah kemampuan militer Iran.

Hajizadeh, yang mengepalai divisi kedirgantaraan Garda Revolusi, mengatakan bahwa kemampuan Shahed 129 hampir dua kali lipat kemampuan pesawat jarak jauh sebelumnya yang diproduksi oleh teknisi Iran. Di bawah embargo Barat, para teknisi selama ini mengandalkan perangkat keras militer dari negara lain.

Sebelumnya, Iran mengklaim telah mengambil sejumlah data rahasia teknis dari RQ-170 Sentinel, dan berkoar sudah membuat replikanya.

Namun, belum jelas apakah pesawat terbaru itu mengandung elemen pesawat CIA yang ditembak jatuh di wilayah Timur Iran Desember 2011 lalu. Atau apakah ada teknologi yang dicontek. Saksikan videonya di tautan ini.

Selama ini Iran sering membuat pengumuman soal pencapaiannya dalam teknologi militer, namun tak pernah mengungkap kemampuan tempurnya secara jelas. Pihak Teheran juga mengaku sedang menguji coba empat
rudal anti pesawat, namun sejumlah analis meragukan kemampuannya.

Ancaman Israel

Sebelumnya, Presiden AS Barack Obama menegaskan, tetap memilih jalan diplomasi dalam upaya menghentikan program nuklir Iran yang diyakini bertujuan membuat senjata atom. Menepis desakan untuk menyerang Iran, termasuk dari sekutu terdekatnya, Israel.

Sikap Obama sontak dikritik keras Israel yang mengancam akan mengambil tindakan terhadap situs nuklir Iran.

Sementara, Iran membantah sedang membuat senjata atom dan menekankan, kegiatan nuklirnya dalam jalur damai, untuk menyediakan listrik. Soal ancaman Israel, Jenderal Amir Ali Hajizadeh mengatakan, sebelum negara zionis itu bertindak, pihaknya akan melancarkan serangan lebih dulu.

Penyataannya menyusul sikap Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad, di New York Senin lalu, mengatakan Israel tidak memiliki akar di Timur Tengah dan akan "dihilangkan".

Untuk diketahui, pada tahun 1981, Israel pernah mengebom reaktor nuklir Iran dan melancarkan serangan yang sama pada Suriah tahun 2007 lalu. Israel diyakini sebagai satu-satunya negara di Timur Tengah yang memiliki senjata nuklir, meski terus merahasiakan kemampuan sesungguhnya.

Sumber: Daily Mail| Reuters, eh



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
arz.inzide
27/09/2012
kita tunggu aja,,biasanya israel cuma bisa menggertak
Balas   • Laporkan
indahhartati.lessy | 27/09/2012 | Laporkan
timur tengah memang perlu dihajar dulu agar bisa ber satu dan jngn gontok2an sesama kawasan sendiri,kalau timteng bersatu jelas barat takkan berani se-mena2.
albaer
27/09/2012
AYO KITA BIKA DUNIA KE PERANG DUNIA YG KETIGA :) MUDAH MUDAHAN INDO MENANG WKWKWKWKWKWKWKWK :p
Balas   • Laporkan
romeo1 | 27/09/2012 | Laporkan
haha... pasti INDONESIA yang menang gan.
daduik
27/09/2012
kita tunggu aja tanggal perangnya,tp kapan? itu yg kt tdk tau kan?
Balas   • Laporkan
didnot
27/09/2012
IRAN dan ISRAEL tidak akan pernah perang... sama halnya bapak dan anak... kalo saling gertak sih OK, bwt popularitas di dunia Islam agar pengikut Syi'ah meningkat dan ini sudah terbukti di Indonesia... coba googling :)
Balas   • Laporkan
safiyah
27/09/2012
yaa iran cukup hebat karena dia bangsa persia yg diarabisasi...jadi bukan ras arab...
Balas   • Laporkan
indahhartati.lessy | 27/09/2012 | Laporkan
cuma kelompok yg anti perdamaian yg komentar begitu,, hidup israellisme..
meleko.matamu.cuk | 27/09/2012 | Laporkan
sensi banget dg kata "arab",lu TKI ilegal yg dideportasi dari arab ya?
nuri.rahayu.10
27/09/2012
@ awan : itu bukan takabur tapi wartawan yg mengEkspose berita2 ini, Iran hanya ingin mempertahankan diri tp Irael yg bernafsu nyerang Iran, lo gak prnah baca berita sih
Balas   • Laporkan
romeo1 | 27/09/2012 | Laporkan
Hehe, ketemu lgi sama @bloody_western_funboys, mata loe lgi kelilipen yaa... LOLz
bloody3lf | 27/09/2012 | Laporkan
@nuri: loe yg sering baca berita harusnya ngerti, knapa Israel ngotot serang Iran. Loe baca berita nya ampe abis gak sih? bayangin tetangga loe yg tiap hari koar2 pengen abisin loe sedang buat bom, loe ga kebakaran jengot apa?
mubarok.n.a
27/09/2012
IRAN THE SOLDIER OF ISLAMIC KINGDOM BEFORE COMING IMAM MAHDI.
Balas   • Laporkan
nuri.rahayu.10 | 27/09/2012 | Laporkan
wow hebat yahhh IRAN
donfx
27/09/2012
yahudis me...bangsa yang di kutuk. pintu surga tertutup untuknya, ingat itu
Balas   • Laporkan
gank1987
27/09/2012
maju terus iran.gerus amerika n israel...atas ane maho...!!!
Balas   • Laporkan
awan89
27/09/2012
IRAN oh IRAn baru sgtu aja udah takabur amat, mana coba bukti pesawat tu canggih, trus israel dihilangkan??? di bom gtu??? nyerang duluan??? what????, heran gw ama tuh negara-negara padang fasir. pasti banyak dah yg koment gak jelas dibawah,sohib gt
Balas   • Laporkan
romeo1 | 27/09/2012 | Laporkan
Hidup INDONESIA..!!!!
nuri.rahayu.10 | 27/09/2012 | Laporkan
itu bukan takabur tapi wartawan yg mengEkspose berita2 ini, Iran hanya ingin mempertahankan diri tp Irael yg bernafsu nyerang Iran, lo gak prnah baca berita sih


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com