Wikipedia Adakan Edit Massal Bertema Perempuan

Ilustrasi Wikipedia
Sumber :
  • wikipedia.org

VIVAnews - Profil Wikipedia untuk perempuan yang berkaitan dengan teknologi dan rekayasa akan diperbarui pada sebuah acara "edit-a-thon" yang diselenggarakan di Royal Society bulan depan.

Acara "edit-a-thon" merupakan edit massal di laman Wikipedia secara bersama-sama, baik secara offline maupun online. Biasanya acara tersebut terkait dengan topik yang spesifik sekaligus untuk merekrut Wikepedian baru yang ingin berkontribusi.

Profil yang dipilih untuk diperbarui semua akan menjadi tokoh-tokoh sejarah. Para editor yang tidak dapat menghadiri sesi di London pada 19 Oktober nanti, akan tetap dapat mengambil bagian secara online.

Acara ini telah diselenggarakan sebagai bagian dari perayaan tahunan untuk merayakan warisan Ada Lovelace, seorang ahli matematika Inggris. Ada Lovelace bekerja dengan insinyur matematika, Charles Babbage pada "mesin analitis-nya" di abad ke-19 awal. 

LIVE: Momen Bersejarah Raja Aibon Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak TNI ke Letkol Danu

Mesin yang dirancang tersebut, tidak sempat benar-benar dibuat. Meski demikian mesin tersebut dianggap menjadi dasar untuk komputer modern.

Perayaan hari Ada Lovelace bertujuan untuk meningkatkan profil perempuan masa kini yang mengabdikan diri di bidang ilmu pengetahuan, rekayasa teknologi, dan matematika.

Di antara profil-profil yang sedang dipertimbangkan untuk "edit-a-thon" adalah Dame Kathleen Lonsdale, seorang ahli Kristalografi yang menemukan struktur kimia komponen minyak benzena dan Dr Elsie Widdowson yang mengawasi pengenalan suplemen vitamin untuk makanan selama Perang Dunia II.

Kandidat lain adalah Mary Buckland, seorang kolektor fosil. Ia disebutkan hanya masuk dalam entri Wikipedia suaminya, William, meskipun pasangan ini bekerja bersama sebagai palaeontolog menemukan, merekam dan mengidentifikasi fosil pada 1800-an.

Perempuan Memimpin

Sementara itu, Uta Frith, profesor dalam pengembangan kognitif di UCL dan anggota dari Royal Society, akan memimpin diskusi panel pasca "edit-a-thon".

"Gagasan Wikipedia memberi gebrakan yang nyata. Karena saya membaca sekitar setahun yang lalu bahwa tipikal orang yang menulis entri untuk Wikipedia adalah seorang pria. Itu benar-benar mulai menjadi alarm karena kita tidak berpikir tentang hal itu, siapa yang mengerjakan semua ini?" katanya.

Prof Frith prihatin dengan visibilitas perempuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Bisakah Anda segera datang dengan beberapa nama staf perempuan dalam
teknologi? Apakah itu karena tidak ada atau karena mereka tak terlihat?" ucapnya.

"Ini seperti 'Catch-22' (novel satir dan historis karya penulis Amerika, Joseph Heller). Jika Anda tidak dapat menemukan mereka dengan mudah di tempat seperti Wikipedia, Anda tidak akan tahu apa-apa tentang mereka. Anda akan berpikir mereka tidak penting," ujar Frith.

Prof Frith mengatakan kepada BBC bahwa ia berniat untuk secara pribadi membuat profil untuk Mary Buckland pada acara tersebut, meskipun seseorang telah membuatnya.

"Dia membuat gambar-gambar anatomi yang paling indah dari fosil, kita memiliki beberapa dari mereka di Royal Society," katanya.

"Saya berharap acara ini akan menjadi awal dari selanjutnya, yang mana juga dapat meningkatkan visibilitas hidup ilmuwan perempuan," ujarnya. (umi)

Catherine Wilson

Terpopuler: Catherine Wilson Malu sampai Atta Halilintar Kirim Doa

Round-up dari kanal Showbiz pada Jumat, 19 April 2024. Salah satunya tentang Catherine Wilson yang merasa malu karena mobil pemberian Idham Masse ditarik leasing.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024