Ina-Geoportal Klaim Lebih Canggih dari Google Maps

Ina Geoportal, peta digital buatan lokal
Sumber :
  • http://www.salingsharing.com

VIVAnews - Portal informasi geospasial nusantara, Ina-Geoportal, yang dibangun oleh Badan Informasi Geospasial (BIG) diklaim lebih canggih dari Google Maps.

"Dalam pembangunan Ina Geoportal ini, Indonesia sudah leading dalam hal pemetaan digital dari negara-negara di Asia dan Google Maps," kata Kepala Badan Informasi Geospasial, Asep Karsidi, Senin 24 September 2012. Jika Google Maps menggunakan foto satelit dalam format jepg, Ina-Geoportal sudah berupa peta interaktif.

Asep menjelaskan Ina-Geoportal bisa dibuka di laman maps.ina-sdi.or.id, namun sekarang sedang dalam proses pemindahan ke ke http://tanahair.indonesia.go.id.

Pengembangan Ina-Geoportal terus dilakukan. "Pada tahun 2012 ini, rencana pemetaan pembangunannya akan menjadi skala 1:50.000 model digital. Sebelumnya skalanya baru mencapai 1:250.000. Kemudian nanti akan secara bertahap mencapai skala 1:25.000, 1:10.000 sampai 1:5.000. Ini merujuk pada undang-undang yang mewajibkan untuk mencapai skala 1:10.000," kata Asep.

Situs Ina-Geoportal berisi data citra satelit, info kependudukan, kesehatan dan lain-lain, ini merupakan sarana berbagi-pakai data spasial di antara instansi pemerintah dalam menentukan kebijakan.

"Ina Geospasial ini harus menjadi rujukan pemerintah daerah untuk membangun daerahnya agar tepat sasaran. Kami juga secara berkala mensosialisasikan manfaat dari informasi geospasial untuk dimanfaatkan sebagai acuan pembangunan," tambah dia.

Ada beberapa fungsi yang ditawarkan dari peta ini, salah satunya adalah untuk mencegah bentrokan massal akibat perebutan lahan. "Bentrokan massal karena perebutan sebidang lahan di suatu daerah terjadi akibat ketidakjelasan informasi status lahan yang didukung oleh peta yang dapat dipertanggungjawabkan" kata Asep.

Mengenal Sosok Jenderal Bintang 5 yang Hanya Ada 3 di Indonesia

Selain itu, ada banyak contoh lain tentang hambatan program-program pembangunan kesejahteraan rakyat yang disebabkan tidak tersedianya peta atau informasi geospasial yang memadai. (kd)

Teroris Pelaku Penembakan di Rusia

Benarkah Agen Khusus Rusia Potong Telinga Tersangka Teroris Moskow & Dipaksa Memakannya?

Salah satu rekaman yang ekspilisit dan meresahkan menunjukkan momen salah satu tersangka teroris Moskow ditangkap dan salah satu bagian tubuhnya dimutilasi ketika me

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024