Intel Rilis Prosesor Lebih Canggih dari Ivy Bridge

Intel Vacation
Sumber :
  • money.cnn.com

VIVAnews - Intel telah merilis secara detail informasi mengenai chip komputer terbarunya, Haswell. Chip ini rencananya akan diluncurkan pertengahan tahun depan. Apa keunggulannya?

Mengutip laman BBC, prosesor versi ini akan berjalan di daya 10 watt. Ini berarti dua kali lebih hemat dari yang digunakan di arsitektur prosesor yang digunakan Intel saat ini, Ivy Bridge.

Dengan sejumlah perbaikan, ini berarti perangkat yang menggunakan chip Haswell bisa lebih tipis, lebih cepat, dan baterainya lebih tahan lama. Selain itu, chip ini pun memungkinkan digunakannya teknologi pengenal suara (voice recognition), analisis wajah, dan pelacakan lebih mendalam.

Haswell disebut sebagai "tok" dalam konsep pengembangan "tik-tok" yang dimiliki Intel. Tok mewakili desain ulang aristektur chip. Sedangkan tik mewakili usaha pengecilan ukuran transistor.

Chip baru ini masih menggunakan 22 nanometer dalam proses kerjanya, tapi Intel memperbaiki desain. Salah satu kunci inovasinya adalah menggabungkan Central Processing Unit (CPU) dengan Platform Controller Hub (PCH).

Kementan Lepas Ekspor Komoditas Perkebunan ke Pasar Asia dan Eropa

CPU berfungsi untuk melakukan kalkulasi dan menginstruksi program, sedangkan PCH mengendalikan input dan output termasuk konektivitas ke USB, audio, dan penyimpanan.

Di arsitektur Ivy Bridge, CPU menggunakan daya 17 watt, sedangkan PCH menggunakan 4 watt. Total, ada 21 watt daya yang digunakan di Ivy Bridge.

Intel rencananya akan merilis dua versi Haswell. Satu yang menggunakan daya 15 watt, sedangkan satu lagi menggunakan 10 watt. Ini menjadikan energi bisa dihemat hingga 29 persen atau 52 persen.

Waspadai ARM

Intel merupakan penyuplai semikonduktor terbesar dunia untuk produsen laptop dan desktop PC. Adapun saingan terberat Intel saat ini adalah AMD.

Bagaimana pun, perkembangan sistem operasi iOS milik Apple dan Android milik Google memiliki sistem berdesain ARM, dan ini menjadikan ARM pesaing yang patut pula diperhitungkan. Begitu pula dengan perangkat Windows RT, yang merupakan varian Windows 8 untuk chip berbasis ARM.

Chip berbasis ARM dipilih karena reputasi hemat daya. Meski begitu, Intel tetap bisa mengandalkan chip yang mendukung Windows 8.

"Daya tahan baterai, misalnya, pada ultrabook tahun depan bisa sembilan jam dari sistem yang hanya bisa tahan lima jam di hari ini," kata Adam King, Direktur Marketing Produk Notebook Intel, kepada BBC. (eh)

Anies dan Cak Imin saat silaturahmi  hari raya lebaran tahun 2024

Cak Imin Posting Foto Bareng Dasco Gerindra, Apa Artinya?

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengunggah foto bersama Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024