Desainer Laptop Pertama Meninggal Dunia

Pencipta desain laptop pertama, Bill Moggridge
Sumber :
  • Cooper-Hewitt

VIVAnews - Dunia teknologi kembali kehilangan salah satu inovator terbaiknya. Pencetus desain laptop Bill Moggridge meninggal hari ini, di usia 69 tahun.

Mengutip laman CNet, desainer industrial asal Inggris ini meninggal akibat penyakit kanker di San Francisco, kemarin. Kabar kematian Moodridge diumumkan Museum Desain Nasional Cooper-Hewitt, yang merupakan institusi tempat Moogridge mengabdikan diri menjadi Direktur sejak 2010.

Moogridge membuat desain komputer dengan cangkang yang dibuka (flip), yang dikenal dengan sebutan Grid Compass pada 1979. Perangkat itu memiliki layar yang beradu dengan keyboard saat ditutup, yang kini menjadi desain umum laptop.

Laptop pertama itu kemudian memulai debut di tahun 1982. Harga jualnya terbilang sangat mahal kala itu, yaitu sebesar US$ 8.150.

Compass memiliki casing yang terbuat dari bahan magnesium alloy. Di dalamnya ditanam prosesor Intel 8086, layar electroluminescent beresolusi 320x240 pixel, serta modem 1200 bps.

Karena harganya yang mahal, laptop pertama itu pun hanya digunakan di kalangan terbatas, seperti militer dan NASA. Bahkan NASA membawa laptop itu ke luar angkasa, dalam misi Pesawat Ulang-Alik Discovery di tahun 1985.

Sejak itu, desain yang dibuat Moggridge semakin populer dan banyak ditiru produsen komputer yang ingin membuat perangkat mobile. Nama Moggridge sendiri tercatat sebagai penemu desain cangkang atau clamshell, yang kemudian diambil-alih perusahaan Tandy pada 1988. Tandy juga yang memproduksi Grid Compass, yang menjadikannya dikenal sebagai salah satu pelaku revolusioner di pasar komputer AS.

Moogridge juga orang yang ikut mendirikan konsultan desain Ideo pada 1991. Tak hanya itu, dia juga sempat mengabdikan diri di Universitas Stanford pada 1983 - 2010 sebagai Consulting Associate Professor di bidang desain. Pada tahun 1993, Moogridge pun sempat menjadi profesor tamu dalam desain interaksi di Royal College of Art London.

Bill Moogridge kemudian menerima penghargaan Lifetime Achievement Award dari National Design Award pada 2009 dan Prince Philip Designers Prize pada 2010.

Untuk menghormati berbagai karya Moogridge, Cooper-Hewitt pun membuat video tribut. Video itu diunggah di situs video sharing YouTube.

Volume Transaksi BRImo Capai Rp 1.251 Triliun di Kuartal I-2024
Korban penipuan investasi geruduk rumah orang tua pelaku di Tasikmalaya

27 Korban Penipuan Investasi Rp52 Miliar Geruduk Rumah Orang Tua Pelaku di Tasikmalaya

Puluhan Korban Investasi Bodong Menggerebek Rumah Orang Tua Pelaku.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024