Jakarta Lengang, Pengguna Data Tetap Tinggi

Asyik dengan ponsel pintar
Sumber :
  • inmagine

VIVAnews - Saat libur Lebaran, suasana lengang ibukota Jakarta merupakan pemandangan yang umum terlihat. Hari raya Lebaran dimanfaatkan penduduk Jakarta untuk mudik, pulang ke kampung halaman.

Kasus Mayat Bayi Dibuang Sang Ayah di Tanah Abang, Polisi: Hasil Aborsi Digugurkan di Hotel

Mudik yang dilakukan penduduk Jakarta juga menyebabkan turunnya intensitas komunikasi seluler di Jakarta. “Seperti yang umumnya terjadi, saat Lebaran pelanggan Jabotabek mayoritas mudik, hal ini terlihat dari kapasitas Visitor Location Register (VLR) yang turun sekitar 24 persen,” kata Head of ICT Network Management Jabotabek Division Telkomsel, Samuel Pasaribu.

Tapi uniknya, pengguna layanan data Telkomsel di Jakarta tetap tinggi. “Cukup unik karakteristik masyarakat ibukota ini, senangnya online, bahkan H-1 daily payload layanan data hanya turun 1%  dari daily payload normal 40 Terra Byte,” ucap Samuel.

Telkomsel kemudian memiliki asumsi bahwa pengguna menggunakan layanan data untuk online, mencari informasi mudik di internet, chatting, serta aktivitas untuk menghibur diri dalam perjalanan mudik.

Samuel menambahkan, saat musim mudik Jabotabek relatif lengang. "Namun terjadi konsentrasi tinggi di wilayah-wilayah jalur mudik seperti tol dan tempat wisata semacam Ragunan dan Ancol,” ucapnya.
 
Kondisi ini telah diantisipasi oleh team Information and Communications Technology (ICT) Jabotabek Telkomsel. Program tersebut antara lain meliputi penambahan kapasitas jaringan Voice maupun Data dan Drive Test untuk pengecekan kinerja jalur mudik.
 
“Untuk kenyamanan pelanggan Ibukota yang mudik, sepanjang jalur mudik Jakarta – Jawa Barat telah dilakukan penambahan 80 BTS 2G dan 250 Node-B,” ungkap Samuel. “Kami juga fokus pada peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan di jalur-jalur mudik."

Adapun empat pengembangan dilakukan antara lain di 4 Jalur Mudik Utama, yakni Jakarta-Merak, Jakarta-Cirebon, Jakarta-Bandung, dan Jakarta-Bogor. Pantauan juga dilakukan terhadap titik-titik penting yang telah diidentifikasi sebanyak 52 spot meliputi bandara, terminal bus, dan stasiun kereta api yang menjadi konsentrasi pelanggan.

Zaidul Akbar.

Terpopuler: Zaidul Akbar Bocorkan Resep Kaldu Ajaib hingga Fakta-fakta Unik Tentang Uzbekistan

Zaidul Akbar lagi-lagi membocorkan resep rahasia sehat. Kabar ini jadi salah satu artikel terpopuler di kanal Lifstyle. Artikel apalagi yang menjadi perhatian pembaca?

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024