Selesaikan Masalah Jakarta Ala Game Jokowi

Game Jokowi
Sumber :

VIVAnews - Tim sukses pasangan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama melakukan cara unik untuk berkampanye dengan mengembangkan Game Jokowi Selamatkan Jakarta. Game ini terinspirasi dari game populer Angry Bird.

Menurut pengembang game unik ini, Juwanda, sedianya permainan ini akan diperkenalkan berbarengan dengan masa kampanye putaran pertama Pilkada Jakarta yang lalu. Namun karena waktu yang tidak mencukupi, akhirnya game ini dipersiapkan untuk kampanye putaran kedua nanti.

"Saya sudah kembangkan sejak lama, beberapa minggu sebelum masa kampanye putaran pertama," kata Juwanda yang mengembangkan game ini dengan bendera  Metric Design saat dihubungi VIVAnews, Kamis 16 Agustus 2012.

Juwana mengaku membuat game ini atas inisiatif sendiri, bukan diminta oleh tim kampanye Jokowi. Dia ingin mendukung Jokowi menyelesaikan permasalahan Jakarta. "Saya malah ketemu tim kampanye dan Jokowi sendiri setelah barang jadi, kemarin 3 Agustus. Saya presentasi di depan Jokowi," ujarnya.

Jokowi terkesan dengan karyanya ini. Jokowi, kata Juwana, memberi pujian dan mengaku tidak menyangka ada pihak yang membuat game ini. 

Jokowi hanya berpesan agar karakter maupun tokoh musuh dalam game tersebut jangan sampai menyinggung kandidat atau pun pihak lain. "Jokowi bilang ini terlalu bagus, dan dia berpesan karakter tokoh pejabat korupsi, jangan mirip dengan kandidat yang lain," katanya.

Sejak dimunculkan di internet pada Sabtu pekan lalu, game ini telah meraih lebih dari 100 ribu hit. "Untuk sementara masih versi beta, khusus di internet, kalau di mobile hanya di Android yang ada Flash Player," katanya. Ia juga menambahkan, sementara, permainan ini belum bisa dimainkan di BlackBerry.

Gambaran game

Game Play permainan ini mirip dengan Angry Bird yang melempar musuh berupa karakter babi, namun dalam game ini, banyak variasinya.

Tokoh jagoan dalam game ini adalah Jokowi yang mempunyai misi untuk menyelamatkan Jakarta dari biang permasalahan di Jakarta,  seperti oknum pejabat, pengusaha hitam, pelaku kriminal, dan sampah.

Untuk membersihkan masalah tersebut, Jokowi bisa menggunakan senjata-senjata yang ada seperti bom tomat, rocket dan TNT.

Selain sejumlah permasalahan di Jakarta, dalam game ini juga terdapat karakter "warga yang baik". Karakter itu merupakan mitra Jokowi untuk menyelesaikan masalah Jakarta.

Jika mampu melemparkan senjata berupa tomat ke musuh, Anda dapat melanjutkan ke level berikutnya dengan beragam rintangan dan masalah. Sebaliknya, jika lemparan tomat mengenai warga yang baik, maka anda dinyatakan gagal menyelesaikan misi masalah Jakarta.

Juwanda mengatakn, para netizen bisa mengakses game ini melalui facebook ( apps.facebook.com/selamatkanjakarta) atau PC ( www.metric-design.com/game.swf ). Untuk sementara versi beta ini terdapat 30 level permainan, dan akan ditambah lagi setelah peluncuran resmi oleh Jokowi usai lebaran nanti. (umi)

Asia Business Council 2024, Menko Airlangga Kasih Bukti Ketahanan Ekonomi Indonesia
Menara Taspen (Arthaloka Building)

HUT Ke-61, Taspen Tegaskan Komitmen Genjot Kesejahteraan Masyarakat

PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) (Taspen) menegaskan komitmennya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam momen perayaan HUT ke-61.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024