REVIEW: Desire V, Dual-SIM GSM dari HTC

HTC Desire V
Sumber :
  • gsmarena.com

VIVAnews - HTC sepertinya tidak merasa cukup dengan hanya meluncurkan One Series, meski itu merupakan salah satu smartphone Android terbaik yang ada sekarang. Untuk mengincar segmen menengah, HTC pun mempromosikan seri Desire terbaru mereka. Salah satunya adalah Desire V.

Desire V merupakan ponsel dual SIM berbasis GSM. Ini juga merupakan smartphone berbasis Android pertama HTC yang menggunakan dua kartu SIM, yang aktif (stand by) secara bersamaan.

Selama ini di Indonesia, ponsel dual-SIM identik dengan ponsel Cina (daratan) yang harganya murah. Untuk menghilangkan  kesan murah itu, HTC pun menghadirkan Desire V dengan desain premium yang elegan, juga dengan teknologi terkini.

Smartphone dual-SIM ini menggunakan Android Ice Cream Sandwich yang berpadu dengan HTC Sense 4.0

Seperti apa performa dan kinerja HTC Desire V? Berikut paparannya.

Desain dan User Interface:

Seperti ditulis sebelumnya, HTC sengaja menghadirkan desain premium untuk menjauhi citra ponsel dual-SIM yang dianggap murah. Karena itu Desire V hadir dengan desain menarik yang bahkan tak kalah dengan One X.

Dengan layar 4.0 inci, Desire V memiliki bentuk curve yang cantik. Ponsel ini memiliki dimensi 118.5 x 62,3 x 9,32 mm, yang menjadikan Desire V nyaman saat berada di genggaman, begitu pula saat berada di saku celana.

Slot kartu SIM diletakkan di bagian dalam. Memang dari luar tidak terlihat tempat untuk membuka casing. Meski begitu, casing mudah dibuka dari bagian bawah.

Di bagian dalam, terdapat baterai yang bisa dicopot, juga dua slot untuk menempatkan kartu SIM, serta satu slot untuk microSD. Meski begitu, pengguna mesti memperhatikan dengan teliti posisi saat memasukkan kartu SIM ke slot, karena slot tidak ditempatkan dengan posisi yang mudah.

Bagian muka juga tidak terlihat satu tombol pun. Hanya terlihat tiga tombol sentuh, yaitu back, home, dan multi-tasking. Di bagian atas, hanya terlihat lubang untuk headphone dan tombol power. Sedangkan di sisi kiri ditempatkan tombol pengatur volume, dan lubang micro-USB berada di sisi kanan. Bagian belakang pun terlihat menarik, terutama di bagian sekitar kamera. Speaker diletakkan di bagian belakang bagian bawah.

Desire V hadir dengan layar WVGA dengan resolusi 480 x 800p, dan kerapatan pixel 233 ppi. 

Untuk User Interface, sistem operasi Ice Cream Sandwich yang digunakan berpadu dengan teknologi Sense 4.0. Dengan demikian, banyak variasi widget yang bisa digunakan di Desire V, serupa dengan yang ada di One Series.

Adapun aturan default di Desire V menampilkan lima ikon di bagian bawah, yaitu call, email, menu, message, dan camera.

Dan seperti perangkat ICS lain, pengguna bisa dengan mudah melakukan multi-tasking. Sehingga bisa membuka banyak app, tanpa harus menutup. Untuk menutup app, Anda pun tinggal menggeser dengan menggunakan jari, di menu multi-tasking.

Performa dan Kinerja

Desire V ditanam prosesor 1 GHZ Cortex-A5 dengan chipset Qualcomm MSM7227A Snapdragon dab GPU  Adreno 200. Spesifikasi ini terbilang lumayan. Tentu selama tidak menjalankan aplikasi yang berat atau melakukan pemrosesan di banyak aplikasi secara bersamaan.

Perangkat grafis pun lumayan, meski tidak bisa digunakan untuk bermain game kelas berat yang memang membutuhkan spesifikasi kelas wahid. Pengguna bisa melakukan streaming video dengan lancar, yang tentu saja juga tergantung kecepatan internet dari jaringan operator atau Wi-Fi yang digunakan.

Dalam uji benchmark yang dilakukan dengan aplikasi Quadrant Standard, Desire V tercatat memiliki angka 1975. Adapun penjabaran benchmark itu CPU 1845, memori 1579, I/O 4624, 2D 312 dan 3D 1515. Angka ini di atas HTC Desire HD, dan masuk kategori menengah.

Rusia Sebut AS Buru-buru Tuduh ISIS Atas Serangan Gedung Konser di Moskow

Hasil uji benchmark HTC Desire V

Untuk baterai, Desire V terbilang baik, mengingat ini merupakan ponsel dual-SIM yang berjalan beriringan atau dual-on. Daya tahan baterai Desire V bisa digunakan seharian dengan penggunaan normal, atau sekitar 6 - 8 jam jika terus digunakan untuk browsing.

HTC melengkapi ponsel ini dengan kapasitas penyimpanan 4 GB dan RAM 512 MB. Jika kurang, Anda bisa menggunakan external storage dengan microSD, juga sistem penyimpanan berbasis Cloud via Dropbox.

Dual-SIM

Ini tentu menjadi fitur yang paling menarik perhatian di Desire V. Dua kartu SIM GSM di ponsel ini bisa digunakan bersamaan, dengan penggunaan yang mudah. Tapi meski diingat, ini merupakan dual-standby, dan bukan dual-active.

Saat pengguna menekan tombol call, maka akan terlihat pilihan Slot 1 dan Slot 2, yang memudahkan pengguna untuk menelpon. Begitu pula ketika pengguna ingin mengirim pesan SMS, ada pilihan slot SIM di sisi kanan. Sehingga, kedua SIM aktif untuk telepon dan SMS.

Meski begitu, dua SIM ini tidak bisa digunakan bersamaan untuk data. Slot yang aktif untuk data merupakan slot 1, yang bisa menjangkau jaringan HSPA/HSDPA. Sedangkan slot 2 hanya aktif untuk GPRS.

Kamera

Meski tampilan di fitur kamera serupa dengan One Series, tapi teknologi yang digunakan berbeda. Kecanggihan fitur kamera di One Series tidak dimiliki seri Desire baru ini.

Desire V menggunakan kamera 5 MP dengan resolusi maksimal 2592 x 1944p, dan disertai autofocus dan LED. Aperture yang digunakan pun hanya F2.8.

Meski begitu, gambar yang ditampilkan cukup baik. Setidaknya setara dengan hasil kamera resolusi 5 MP. Sayang, autofocus tidak berjalan optimal dan sulit menangkap obyek bergerak.

Ekspansi Perusahaan Musik Terkemuka Asia Tenggara Diresmikan di Indonesia
Hasil foto yang diambil dari kamera di HTC Desire VHasil foto yang diambil dari kamera di HTC Desire V
 
Penampilan Makin Sopan, Nikita Mirzani Ternyata Diawasi Rizky Irmansyah

Kelebihan:

Dual-SIM tentu saja menjadi kelebihan utama ponsel ini. Sebab, ini bisa dibilang merupakan ponsel dual-SIM tercantik dan tercanggih yang ada untuk saat ini. Apalagi, HTC juga menggunakan Android ICS, HTC Sense 4.0, serta kinerja prosesor dan grafis yang lumayan. Banderol harga pun lumayan terjangkau.

Kekurangan:

Penggunaan data hanya optimal di Slot 1. Selain itu, spesifikasi yang dimiliki pun tergolong menengah. Tapi ini terbilang wajar, sebab HTC memang tidak menjadikan Desire V sebagai senjata untuk meraih segmen premium.

Harga: Rp 3,25 juta s/d Rp 3,5 juta

Spesifikasi:

Jaringan: GSM 850/900/1800/1900 (SIM 1 dan 2) | HSDPA 850/2100 (SIM 1)

Dimensi: 118.5 x 62.3 x 9.32 mm / 114 gram

Layar: 4 inch WVGA, capacitive touchscreen, 480 x 800 p (233 ppi), Multitouch.

Memori:
4 GB (internal), slot eksternal hingga 32 GB / RAM 512 MB

Konektivitas: Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Hotspot, Bluetooth v3.0 with A2DP, microUSB v2.0. 3G HSDPA HSUPA, EDGE (SIM 1), GPRS

Kamera: 5 MP, 2592 x 1944 pixel, autofocus, LED flash (utama) | Video Record

Music: MP3/eAAC+/WMA/WAV player | Audio Record

Video Player: MP4/H.263/H.264/WMV player

OS: Android OS, v4.0.3 (Ice Cream Sandwich)

Prosesor: Qualcomm MSM7227A Snapdragon 1 GHz Cortex-A5, GPU Adreno 200

Browser: HTML, Adobe Flash

Fitur: via Java MIDP emulator | dual-SIM card | Beats Audio | Stereo FM Radio dengan RDS | SNS integration | Dropbox | Google Search, Maps, Gmail, YouTube, Calendar, Google Talk - Organizer - Document viewer | Voice memo/dial | Predictive text input

Baterai: Standard battery, Li-Ion 1650 mAh

Sandra Dewi dan Suaminya, Harvey Moeis

Wawancara Lawasnya Jadi Sorotan, Sandra Dewi Ogah Disebut Hidup Bak di Negeri Dongeng

Kehidupan pribadi Sandra Dewi mendadak jadi sorotan pasca penetapan status tersangka suaminya, Harvey Moeis oleh Kejaksaan Agung.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024