Samsung Pernah Mengaku Krisis Desain

Apple iPhone 4S vs Samsung Galaxy S II
Sumber :
  • careace.net

VIVAnews - Dua pekan sudah kasus Apple melawan Samsung berlangsung di persidangan. Di tengah persidangan  tersebut, muncul sebuah memo internal Samsung, yang ironisnya merugikan perusahaan asal Korea Selatan tersebut.

Memo itu dikirim oleh JK Shin, Head of Mobile Communications Samsung. Dalam email tersebut, Shin menggambarkan perbedaan dalam pengalaman pengguna (user experience) antara smartphone Samsung dan Apple, "ibarat bumi dan langit".

Mengutip laman All Things D, ini tampaknya sebuah memo yang tentu tidak akan dibawa Samsung ke pengadilan, yang malah terus disembunyikannya. Tapi memo ini malah muncul saat penasehat hukum Samsung John Quinn menyebut mengenai "krisis desain", saat Kepala Strategis Samsung Justin Denison bersaksi di pengadilan.

"Sejumlah figur berpengaruh di luar perusahaan telah mendatangi iPhone, dan mereka menyatakan 'Samsung membosangkan'. Selama ini kami menaruh semua perhatian kami ke Nokia, dan konsentrasi dengan segala daya kami ke hal-hal seperti Folder, Bar, Slide," tulis Shin.

"Hingga ketika UX (user experience) kami dibandingkan dengan kompetitor tak terduga, Apple iPhone, perbedaannya jelas seperti Langit dan Bumi. Ini merupakan krisis desain," lanjut pernyataan Shin dalam memo internal itu.

Memo ini jelas merugikan Samsung, karena selama ini Apple menuduh Samsung meniru produk mereka. Apple pun berusaha menuntut ganti rugi sebesar US$ 2,5 miliar kepada Samsung. Tampaknya, email Shin ini semakin menguatkan tuduhan Apple.

Sebab, Shin menulis: "Saya mendengar hal-hal seperti ini: Mari membuat sesuatu seperti iPhone."

"Saat setiap orang (konsumen dan industri) membicarakan UX, mereka membandingkannya, untuk menentang iPhone. iPhone telah menjadi standar. Itu yang telah terjadi," tulis Shin.

Tak hanya itu, Shin pun kemudian membandingkan produk Omnia milik Samsung dengan iPhone. "Apakah Anda tahu betapa sulitnya menggunakan Omnia? Jika Anda membandingkan iPhone versi 2007 dengan Omnia terbaru, apakah Anda bisa mengatakan Omnia lebih baik? Jika Anda membandingkan UX-nya dengan iPhone, perbedaannya seperti Langit dan Bumi," jelas Shin.

Sedangkan, mengutip CNet, Justin Denison mengatakan bahwa Samsung membuat berbagai model smartphone atas permintaan operator seluler di AS. Operator ingin Samsung memiliki keunikan dalam hal desain agar bisa tetap berkompetisi. Karena itu Denison kemudian memperlihatkan portofolio produk Samsung kepada juri.

"Kami hanya ingin bersaing di pasar, dan melanjutkan apa yang telah kami lakukan selama 15 tahun terakhir," ucap Denison.   

Yoon Bomi Apink Pacaran dengan Produser Rado Selama 7 Tahun
Rektor Universitas Mercu Buana, Prof. Dr. Andi Adriansyah, M. Eng

Prodi Teknik Sipil dan Elektro UMB Raih Akreditasi Unggul

Pencapaian program studi Teknik Sipil dan Elektro tersebut, semakin memantapkan posisi Fakultas Teknik Universitas Mercu Buana sebagai salah satu fakultas teknik terbaik.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024