Rilis Dokumen, Apple Minta Samsung Dihukum

Ilustrasi 'perang' Samsung vs Apple
Sumber :
  • freakgeeks.com

VIVAnews - Apple akan meminta pengadilan federal memberikan sanksi kepada Samsung Electronics. Sebab, Samsung dinilai merilis dokumen yang tidak diizinkan untuk dijadikan bukti di sengketa paten kedua perusahaan.

Dalam sebuah surat kepada Hakim Lucy Koh dari Pengadilan Distrik AS untuk Distrik Utara di California, Apple mengatakan akan mengajukan mosi darurat untuk mengincar sanksi, setelah tim hukum Samsung menunjukkan dokumen yang dikeluarkan selama persidangan berlangsung.

Apple menulis bahwa pernyataan Samsung menunjukkan bahwa produsen Korea Selatan tersebut ingin menggunakan dokumen untuk mempengaruhi juri.

"Upaya mempengaruhi persidangan secara sengaja dengan bukti yang tidak dapat diterima adalah tidak tepat dan tidak etis," tulis Apple seperti dilansir PCworld.

Apple menggugat Samsung pada bulan April 2011, dan menuduh Samsung sengaja meniru iPhone dan iPad di smartphone dan tabletnya. Samsung dianggap melanggar hak paten Apple pada desain dan fungsi. Apple sendiri mengincar US$ 2,525 juta atas kerugian tersebut.

Samsung juga tak tinggal diam, lalu balik menggugat Apple dengan mengatakan bahwa Apple melanggar beberapa paten. Kasus-kasus telah dikonsolidasikan, dan Samsung memberikan pernyataan pembuka mereka kepada anggota juri pada Selasa lalu.

Apple dan Samsung telah berjuang selama berminggu-minggu untuk memperlihatkan bukti. Tindakan Samsung antara lain memperlihatkan gambar bukti bahwa Samsung telah mengembangkan ponsel yang digugat Apple, sebelum iPhone diperkenalkan pada Januari 2007.

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Ada juga dokumen tentang dugaan penggunaan prototipe Apple yang terinspirasi oleh desain Sony, yang dianggap berpengaruh dalam menentukan desain iPhone.

Koh sendiri tidak mengizinkan Samsung memperlihatkan dokumen tersebut kepada juri. Namun, Samsung telah mendistribusikan dokumen tersebut ke beberapa media bersama dengan penjelasan pernyataan.

"Meskipun Apple dibiarkan berpendapat tidak akurat kepada juri bahwa F700 (smartphone yang dianggap dikembangkan sebelum iPhone dirilsi) adalah tiruan iPhone, Samsung tidak diizinkan untuk menceritakan kisah selengkapnya..." demikian pernyataan Samsung.

"Dalam bukti yang dikecualikan hakim itu, tidak ada keraguan bahwa Samsung tidak meniru desain iPhone," lanjut Samsung.

Dalam surat yang ditujukan ke juri, Apple pun menyerang aksi Samsung.

"Beberapa referensi Samsung untuk juri dalam pernyataannya memiliki maksud jelas bahwa juri dalam kasus kami belajar dari argumen pengadilan yang telah dikeluarkan melalui pers," tulis William Lee, seorang pengacara untuk Apple.

Bantahan Samsung

Dalam pernyataan yang diajukan pada Rabu kemarin, pengacara Samsung, John Quinn mengatakan bahwa ia telah menyetujui pelepasan pernyataan singkat dan mengusulkan pameran (bukti) persidangan setelah beberapa permintaan dari wartawan.

Quinn mengatakan semua dokumen itu berada di domain publik. Ia juga mengatakan langkah itu tidak dimaksudkan untuk mempengaruhi juri.

Namun, Apple mengatakan Quinn telah gagal untuk mengikuti instruksi hakim karena ia tidak memasukkan pernyataan tersebut atau tidak mengatakan siapa yang menulis dan merilis pernyataan singkat.

Pernyataan Apple pada Selasa lalu mengatakan Samsung secara dramatis mengubah desain ponsel setelah iPhone diperkenalkan. Samsung dinilai mengadopsi desain bulatan persegi panjang yang minimalis dengan menampilkan desain balutan kaca, batas dan panel hitam. Apple mengklaim hal tersebut meniru iPhone.

Samsung berusaha untuk berpendapat bahwa F700 memiliki elemen-elemen desain sebelum iPhone dikeluarkan. Samsung mengatakan F700 tidak seperti iPhone, karena memiliki keypad slide-out, yang diperlihatkan dalam dokumen yang dilepas ke media tersebut. (eh)

Sekjen PKS: Kalau Pak Prabowo Datang Kita Akan Beri Karpet Merah Sebagai Presiden Pemenang
Timnas Indonesia U-23 Vs Korea Selatan U-23

Menegangkan, Timnas Indonesia U-23 Ditahan 10 Pemain Korea Selatan

Timnas Indonesia U-23 menghadapi Korea Selatan pada babak perempat final Piala Asia U-23 2024. Unggul juimlah pemain, Timnas Indonesia U-23 malah kebobolan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024