Hari Ini Ikut Amati Hilal dengan Video Online

Ilustrasi Hilal
Sumber :
  • Bulan Sabit atau Hilal

VIVAnews - Kementerian Komunikasi dan Informatika akan menggelar pengamatan hilal 1 Ramadhan dan 1 Syawal 1433 Hijriah. Pengamatan ini bertujuan mengetahui waktu kaum muslim mulai menjalankan puasa dan merayakan Idul Fitri. Anda bisa mengamati bersama melalui live streaming.

Pengamatan hilal ini merupakan kerjasama Kominfo dengan PT Telekomunikasi Indonesia, Observatorium Bosscha – FMIPA, ITB, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Rukyatul Hilal Indonesia, Universitas Lampung, Universitas Mataram, Universitas Hasanuddin, Universitas Pendidikan Indonesia, dan LAPAN.

Menurut laman Bosscha, hilal adalah penampakan bulan sabit muda yang terlihat dari permukaan bumi setelah konjungsi atau ijtimak. Banyak kegiatan penting Islam yang berdasarkan posisi bulan di langit, seperti Tahun Baru Hijriah, awal puasa Ramadhan, dan Hari Raya Idul Fitri, serta Idul Adha.

Prabowo Ingin Bentuk 'Executive Heavy" dengan Rangkul Semua Parpol, Kata Peneliti BRIN

Informasi awal bulan baru sebagai penanda hilal ini penting untuk disebarluaskan melalui akses online. Penyelenggaraan tayangan langsung online ini bertujuan agar masyarakat bisa menyaksikan fenomena alam hilal ini.

Tim Observatorium Bosscha akan berada di lokasi pengamatan sejak tengah hari. Mereka menyiapkan alat dan kalibrasi.  Lokasi pengamatan yang digelar Kominfo berada dari Aceh hingga Papua. Berikut penyebarannya:

Lhoknga (Aceh)
Medan (Sumatera Utara)
Dumai (Riau)
Lampung
Pelabuhan Ratu
Bandung (Jawa Barat)
Lembang (Jawa Barat)
Pameungpeuk (Jawa Barat)
Pantai Bela Belu (Yogyakarta)
CASA-Assalaam (Solo)
Pantai Kartini (Jepara)
Bankalan (Jawa Timur)
Pontianak (Kalimantan Barat)
Denpasar (Bali)
Mataram (NTB)
Kupang (NTT)
Makassar (Sulawesi Selatan)
Biak (Papua)

Menurut laman Kominfo, waktu pengamatan berlangsung pada 19 hingga 20 Juli 2012 pukul 15.00 hingga 18.00. Ini menyesuaikan dengan waktu setempat.

Streaming bisa dilihat di laman Hilal Kominfo, Observatorium Bosscha, BMKG, dan Rukyatul Hilal Indonesia.

Reskrim Polres Metro Jakarta Barat meringkus sipir taksi online bernama Michael Gomgom (30), yang menodong dan memeras seorang wanita yang menjadi penumpangnya.

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp 100 Juta Ditangkap saat Tidur Pulas

Reskrim Polres Jakarta Barat, meringkus sopir taksi online, Michael Gomgom (30), yang menodong dan memeras seorang wanita yang menjadi penumpangnya. Dia sedang istirahat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024