Sepertiga Serangan Cyber Incar Kantor Kecil

Ilustrasi hacker.
Sumber :

VIVAnews - Tren serangan di dunia maya kini mulai menyasar  ke perusahaan kelas UKM. Hasil temuan Symantec Intelligence Report tingkat global bulan Juni 2012, menemukan 36 persen dari seluruh serangan terarah  yakni 58 serangan per hari selama enam bulan terakhir, yang ditujukan ke perusahaan yang memiliki 250 karyawan atau kurang. 

Menurut laporan Internet Security Threat Report Symantec Volume 17, angka tersebut mengalami kenaikan, mengingat pada Desember 2011 serangan terarah hanya 18 persen.

Selama semester pertama tahun ini, jumlah total serangan terarah harian terus meningkat sebesar minimal 24 persen dan rata-rata 151 serangan terarah diblokir setiap hari selama bulan Mei dan Juni.

Perusahaan besar dengan lebih dari 2.500 karyawan masih menerima jumlah serangan terbesar, dengan rata-rata 69 serangan diblokir setiap harinya.

“Sepertinya ada korelasi langsung antara meningkatnya serangan ke perusahaan kecil dan menurunnya serangan ke perusahaan besar. Tampak jelas bahwa penyerang mengarahkan secara langsung sumber daya mereka dari kelompok yang satu ke kelompok lainnya,” kata Paul Wood, Cyber-security Intelligence Manager, Symantec dalam keterangan tertulisnya, 18 Juli 2012.

Paul mengatakan penyerang menggunakan satu perusahaan sebagai batu loncatan untuk menyerang perusahaan lain. Symantec memaparkan industri pertahanan (sub kategori Sektor Publik) telah menjadi target industri yang terpilih pada semester pertama tahun ini, dengan rata-rata 7,3 serangan per hari.

RI Dibayangi Meningkatnya Persaingan Global, Luhut: Tak Ada yang Bisa Mendikte Kita

Sektor kimia/farmasi dan manufaktur tetap bertahan di posisi dua dan tiga. Target ini jelas sekali menerima persentase lebih sedikit dari keseluruhan perhatian dibandingkan pada tahun 2011, namun sektor kimia/farmasi masih menerima 1 dari setiap 5 serangan terarah. Sedangkan sektor manufaktur masih menerima hampir 10 persen  dari keseluruhan serangan terarah.

“Penting untuk diingat bahwa meski meningkat, serangan terarah masih sangat langka. Serangan terarah menggunakan program jahat yang dikostumisasi dan rekayasa sosial terarah yang disempurnakan untuk mendapatkan akses tidak sah ke informasi penting. Kami menganggap ini sebagai evolusi selanjutnya dari rekayasa sosial, di mana korban diteliti terlebih dahulu dan ditargetkan secara khusus,” ucapnya. (eh)

Tim Bandung bjb Tandamata vs Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia

Bandung bjb Tandamata Bersyukur Mampu Jinakkan Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia

Juara bertahan putri, Bandung bjb Tandamata kembali makan korban. Mereka menekuk Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia dengan skor 3-1 (25-17, 23-25, 25-15, 29-27).

img_title
VIVA.co.id
4 Mei 2024