"Bocoran" RIM Tunjukkan Rahasia BlackBerry 10

Dokumen yang diduga peta strategi RIM untuk BB10
Sumber :
  • Mashable.com

VIVAnews - Produsen BlackBerry, Research In Motion (RIM) memiliki banyak masalah saat ini. Dari harga saham yang melorot hingga tertundanya peluncuran BlackBerry 10 (BB10). Tapi, mereka sudah punya rencana. Dokumen yang diduga materi resmi RIM ini menunjukkan peta strategi perusahaan Kanada itu untuk BB10.

Situs BlackBerryOS.com memuat dokumen rahasia ini dari sumber anonim. Dokumen ini menunjukkan BB10 akan rilis pertama di Eropa pada awal Januari 2013. Amerika Serikat akan menerima OS terbaru itu selang tiga hingga empat pekan setelahnya, atau sekitar pekan pertama Februari 2013.

Keputusan ini tepat, mengingat wilayah di Eropa menyerap produk RIM lebih besar. RIM memiliki pangsa pasar yang lebih baik di Inggris dibanding Amerika.

Peluncuran BB10 akan termasuk smartphone layar sentuh yang telah dirumorkan dengan nama kode "London". Smartphone BB10 dengan keyboard, "Nevada" juga akan hadir pada Mei 2013, seperti janji Chief Executive Officer (CEO) RIM, Thorsten Heins.

Nama itu hanya kode. Ada dua lagi dalam dokumen yakni "Nashville" dan "Naples". Peta strategi RIM ini menunjukkan peluncuran musim semi/musim panas dan musim panas/musim gugur untuk keduanya. Belum ada detail lebih lanjut mengenai perangkat itu.

Setelah kegagalan PlayBook, RIM masih belum menyerah bermain di ranah tablet. Dokumen ini menunjukkan RIM akan meluncurkan tablet berukuran 10 inci pada 2013, diperkirakan pada musim panas. Nama kodenya "Blackforest". Ini seperti perwujudan rumor PlayBook 10 inci, versi lebih besar dari tablet yang ada saat ini. Tapi, tentu diperkaya dengan sistem operasi BB10.

Angka "128" tampak ada di samping nama tablet. Menurut Mashable, angka ini diperkirakan sebagai kapasitas perangkat, 128GB.

Pesan Terakhir Korban Kecelakaan Tol Cikampek KM 58 ke Ibunya: Mah Aa Mau Pulang

Sebelum BB10 rilis, RIM masih mempunyai agenda. RIM tampaknya akan meluncurkan PlayBook 4G, versi terbaru tablet yang sudah ada dengan dukungan jaringan LTE.

Tablet terbaru ini akan hadir pada musim gugur 2012. Perangkat itu diprediksi bisa ditingkatkan ke BB10 bersamaan dengan PlayBook yang ada saat ini. Tapi, ini baru bisa terjadi setelah peluncuran tahun depan.

RIM tidak mau berkomentar mengenai dokumen yang diduga "bocor" ini. Tapi, perubahan bisa saja terjadi seperti penundaan BB10. (art)

Suasana di Masjid Istiqlal saat menjelang salat ied Idul Fitri (ilustrasi).

Polisi Imbau Warga Datang Lebih Awal Jika Hendak Salat Id di Masjid Istiqlal

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Purnomo Condro mengimbau masyarakat untuk berangkat lebih awal jika hendak melakukan Salat Id di Masjid Istiqlal, Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024