Iran Buat Game Fatwa "Dosa" Salman Rushdie

Salman Rushdie.
Sumber :
  • REUTERS/Andrew Winning

VIVAnews - Novelis Salman Rushdie telah lolos dari panggilan lama kematiannya di dunia nyata. Tapi, di dunia video game belum tentu dia seberuntung itu. Pemerintah memberikan sponsor bagi proyek Asosiasi Pelajar Islam Iran ini. Mereka mengumumkan game komputer mengenai Salman Rushdie sedang dikembangkan.

Belum banyak cerita video game ini yang dibuka untuk umum. Tapi, judul game ini cukup memberi gambaran, "Kehidupan Penuh Tekanan Salman Rushdie dan Implementasi Vonisnya". Pemain bisa melihat perintah kematian penulis itu selama 23 tahun dari Ayatollah Khomeini.

Juru bicara pemerintah berharap konsep ini akan menarik pemuda Iran untuk memahami "dosa" Rushdie. Berbeda dengan kehidupan nyata, pemain bisa membunuh Rushdie dalam game ini.

Barikade 98 Ajukan Amicus Curiae, Minta Hakim MK Putuskan Sengketa Pilpres Secara Adil

Penulis India kelahiran Inggris ini telah bersembunyi selama bertahun-tahun setelah dituduh menghujat dan melanggar kesucian agama Islam. Tuduhan ini dialamatkan karena Rushdie menerbitkan novel The Satanic Verse (Ayat-Ayat Setan) pada 1998.

Menurut kantor berita Mehr, asosiasi pelajar ini merepresentasikan ucapan pengembang game, Mohammed-Taqi Fakhrian.

"Kami merasa harus mencari cara untuk memperkenalkan kepada generasi ketiga dan keempat tentang fatwa melawan Salman Rushdie dan pentingnya masalah ini," ujar Fakhrian seperti dilansir dari Time.com.

Pengumuman ini dibuat pada Pameran Game Komputer Internasional di Teheran, Iran. Game komputer menjadi industri yang terlambat tumbuh di Iran. Menurut Sekretaris Dewan Tinggi Revolusi Budaya Iran, Mokhber Dezfouli, Iran telah mengembangkan 140 game berkonten Islami dan membahas tentang Iran. Dezfouli menyakini konsep ini bisa berkompetisi dengan produk asing.

Penawaran game terbaru "Perang Teluk Aden" menceritakan perjuangan pasukan Angkatan Laut Iran. Ada juga game "Misi Spesial 85" mengisahkan tentang dua ilmuwan nuklir yang diculik pasukan Amerika di Irak. (eh)

Lahan terlantar di dunia

10 Lahan Terlantar yang Paling Menakjubkan di Bumi Saat Ini

Saat ini hutan belantara ini telah berubah menjadi kota hantu di mana tidak ada yang tumbuh dan tidak ada yang hidup. Berikut adalah 10  lahan terlantar di muka  bumi ini

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024