Mengintip Rahasia BlackBerry 10

Fitur OS BlackBerry 10
Sumber :
  • digitaltrends.com

VIVAnews - Produsen BlackBerry, Research In Motion (RIM) telah memperbolehkan publik melihat gambaran BlackBerry 10 pada awal Mei 2012. Kini rahasia itu semakin banyak yang terbuka.

Crackberry, Engadget, dan The Verge telah menjajal rasa BlackBerry 10 pada perangkat Dev Alpha. Piranti lunak ini masih dalam pengembangan. Smartphone BlackBerry yang mengusung BlackBerry 10 baru hadir pada kuartal keempat tahun ini. Tapi, kini kita sudah bisa melihat gambaran umum sistem operasi RIM terbaru ini seperti dilansir dari Time.com.

Navigasi Berbeda

BlackBerry 10 menampilkan halaman rumah dengan fungsi yang berbeda-beda. RIM menyebut konsep ini dengan nama "the flow".

Dengan gerakan menyapu pada layar, Anda bisa berpindah-pindah aplikasi. Ketika Anda sedang membuka aplikasi, Anda bisa melompat ke daftar aplikasi yang dibuka sebelumnya. Ini bisa dilakukan hanya dengan menyapukan jari dari bagian bawah layar.

Sapuan jari ke kiri bisa mengantar Anda melihat notifikasi. Sapuan lebih jauh lagi bisa membuka inbox.

Gabungan Inbox

Biasanya ketika smartphone menawarkan "gabungan inbox", itu berarti bisa membuka beberapa akun e-mail dengan sekali akses. Menurut Crackberry, gabungan inbox BlackBerry 10 menunjukkan semua jenis komunikasi. Ini sudah termasuk e-mail, pesan teks, panggilan tidak terjawab, dan muatan terkini jejaring sosial. Ini mirip dengan fitur smartphone Sony.

Inbox ini bisa dioperasikan dengan gestur menyapu layar. Cara ini berguna untuk mempermudah jalinan komunikasi Anda.

Prediksi Huruf dari Keyboard

RIM menjanjikan BlackBerry 10 akan menggunakan keyboard fisik. Perusahaan asal Kanada ini juga mengembangkan piranti lunak keyboard virtual dengan prediksi teks.

Setiap Anda mengetik, fitur prediksi teks akan menampilkan huruf lanjutan dalam membentuk kata. Untuk memuat hasil prediksi teks, Anda hanya tinggal menaikkan huruf dari keyboard ke kolom penulisan dengan sapuan jari.

Pihak RIM menjelaskan keyboard akan belajar kata-kata yang biasa Anda tulis. Ini bertujuan agar saran kata menjadi lebih tepat. Menurut The Verge, Anda bisa memilih menggunakan kata yang disarankan atau memakai kata sendiri.

Trik Foto Unik

Untuk menangkal kompetitor kamera ponsel cerdas seperti seri HTC One dan Samsung Galaxy SIII, BlackBerry 10 memberikan fitur pemotretan yang menarik. Smartphone BlackBerry 10 akan memotret sebelum Anda menekan tombol rana.

Modus pemotretan ini berguna agar Anda bisa menentukan momen terbaik untuk ditampilkan. Anda juga bisa memilih ekspresi wajah tersenyum dan memperbaiki mata yang mengedip.

Restu Nokia


Nokia mengumumkan mereka telah mengakuisisi perusahaan yang memberikan layanan kepada RIM, Scalado. Perusahaan asal Swedia ini memberikan lisensi kepada RIM untuk fitur "time warp" pada kamera BlackBerry 10. Menurut The Verge, Scalado akan tetap melaksanakan kesepakatan dengan RIM. Fungsi memilih momen pada BlackBerry 10 tetap akan berjalan.

"Kami berusaha menjalankan Scalado agar bisa sepenuhnya memberikan komitmen yang telah mereka buat untuk partnernya. Ini termasuk RIM," ujar SVP untuk Program dan Managemen Produk Nokia, Kevin Shields seperti dilansir dari Crackberry.

RIM bisa melanjutkan penggunaan teknologi Scalado. Nokia akan memegang pengembang Scalado, teknologi, dan Hak Kepemilikan Intelektual mereka untuk selanjutnya. 

Gandeng Pengembang Aplikasi


RIM mengajak pengembang aplikasi untuk bekerja menggunakan framework Cascades. Langkah ini disiapkan agar pengembang bisa melihat tampilan dan pengalaman penggunaan yang sama dalam membuat aplikasi BlackBerry 10.

Serupa dengan Android dan Windows 8, OS baru RIM ini akan memiliki fungsi berbagi universal. Setiap aplikasi bisa berbagi link, gambar, dan data lainnya.

RIM memberikan insentif US$10.000 agar pengembang menyiapkan aplikasi. Ganjaran ini untuk aplikasi yang menghasilkan minimal US$1.000. Menarik pengembang aplikasi pihak ketiga akan menjadi tantangan terberat bagi RIM.

Keluaran Pertama dan Kedua

Menurut Crackberry, smartphone pertama yang dirilis dengan BlackBerry 10 akan sepenuhnya menggunakan layar sentuh. Smartphone BlackBerry 10 selanjutnya akan menampilkan fitur keyboard fisik. Dev Alpha yang menjalankan BlackBerry 10 menyajikan pengalaman layar sentuh terbaru.

Masih banyak rahasia BlackBerry 10 yang belum terungkap. Konsep desain smartphone dengan keyboard fisik dan layanan komputasi awan masih tertutup dari publik. (eh)

Kronologi Siswi SMAN 1 Cisaat Meninggal Dunia saat Jalani Seleksi Paskibra
Sebuah rumah di Bangkalan hancur usai petasan meledak, tiga orang jadi korban.

Rumah di Bangkalan Hancur Usai Petasan Meledak, 3 Orang Jadi Korban

Sebuah rumah di Desa Sembilangan, Kabupaten Bangkalan, Madura, hancur usai petasan meledak pada Jumat petang 19 April 2024. Ledakan mercon diketahui melukai tiga orang.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024