TEKNOLOGI

Gunung Padang, Buktikan Ras Indonesia Unggul

“Kita harus bangga terdapat ras kita dan nenek moyang kita punya kemampuan ini."

ddd
Sabtu, 23 Juni 2012, 05:13
Pengambilan sampel di Gunung Padang
Pengambilan sampel di Gunung Padang (VIVAnews/ Muhamad Solihin)

VIVAnews - Danny Hilman Natawijaya, Ketua Tim Terpadu Penelitian Mandiri Gunung Padang, mengatakan pembuktian situs megalitik Gunung Padang menegaskan bangsa Indonesia bukan ras atau bangsa kacangan. Situs ini membuktikan adanya kemampuan teknologi hingga sosial budaya nenek moyang yang jauh lebih modern dari catatan sejarah ilmu pengatahuan dan peradaban yang diyakini selama ini.

“Kita harus bangga terdapat ras kita dan nenek moyang kita punya kemampuan ini. Seperti Hitler yang bangga akan ras arya atau para yahudi yang bangga akan garis keturunannya. Gunung Padang membuktikan kita juga keturunan ras yang sangat luar biasa,” kata geolog dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia itu.

Menurut Danny, semangat itulah yang memotivasi para peneliti untuk terus melakukan riset dan pembuktian di Gunung Padang. Semangat ini memompa mereka untuk terus mencari kehebatan nenek moyang di nusantara yang berhasil membuat struktur modern di eranya, yang diperkirakan pada era prasejarah.

Selama ini, kata Danny, catatan sejarah peradaban dunia selalu melihat pada peradaban Mesir yang diperkirakan ada sekitar 5.000 tahun sebelum Masehi atau peradaban sungai Indus yang tumbuh pada 3.000 tahun sebelum Masehi. “Dari hasil penelitian hingga hari ini, kami masih yakin peradaban Gunung Padang adalah yang tertua dan lolos dari catatan sejarah,” katanya.

Sementara, Erick Rizky menjelaskan kemungkinan Gunung Padang tidak sempat tertulis dalam catatan sejarah karena sistem sosial masyarakat Gunung Padang saat itu menggunakan budaya lisan sendiri, tidak menggunakan budaya lisan seperti yang tercatat saat ini. "Asumsi ini yang menyebabkan peradaban Gunung Padang sepertinya luput dari catatan sejarah peradaban dunia. Kami yang akan terus berupaya memasukkan temuan ini sebagai catatan peradaban dunia,” katanya.

Maret lalu, Tim Bencana Katastropik Purba yang membawahi tim penelitian telah melakukan pengeboran di situs megalitikum Gunung Padang, di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Hasil carbon dating memperlihatkan hasil yang mengejutkan. Menurut salah satu anggota tim, Boedianto Ontowirjo, carbon dating menunjukkan Gunung Padang lebih tua dari piramida Giza di Mesir.

Dari sampel hasil pengeboran yang diambil dari teras 5 di titik bor 2 dengan kedalaman 8 hingga 10 meter, hasilnya menunjukkan 11.060 thn +/- 140 tahun Before Present. "Kalau dikonversikan ke umur kalender setara dengan 10 ribu SM," ucap Boedianto, dalam keterangan tertulis yang diterima VIVAnews, 4 Maret 2012.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
dimas.rangga.w
08/07/2012
ada yang bisa jelasin gak, sejak kapan "INDONESIA" itu adl sebuah RAS? ^^
Balas   • Laporkan
javanizis | 22/11/2012 | Laporkan
Ras bangsa Indonesia mungkin malaenesia/melayu Sunda, jawa, madura, bali. yang berupa suku juga memiliki karakter yang sama. Tapi intinya sedari dulu aku bangga dengan Indonesia dan sebagai suku jawa. Ada banyak hal di tanah jawa ini yang menunggu terkuak
unik21
24/06/2012
kulit sawo matang menunjukkan ras kita cukup tua dibandingkan ras yg lain{ kcuali, mungkin bngsa arab}karena lebih erat berhubungan dengan tanah ,yg memungkinkan peradaban yg kita milikipun cukup tua,namun keunggulan ras tak ada bedanya dgn ras yg lain,..
Balas   • Laporkan
lambock
24/06/2012
setelah hasilnya didapat, hrs segera dipatenkan.. ntar ada pula negara lain yang ngaku2 mereka punya....
Balas   • Laporkan
nirwana79
24/06/2012
kita tunggu saja asil para ilmuwan kita,,semoga itu semua membuahkan hasil untuk kebanggaan negri kita indonesia...amiiiiinnn
Balas   • Laporkan
Klungsu
23/06/2012
saat kebenaran akan terungkap......, saat peta sejarah peradaban manusia terguncang oleh fakta-fakta yang bahkan tidak pernah terlintas dalam mimpi kitapun...mari kita gali kembali budaya yg telah lama kita campakkan...., luar biasa......
Balas   • Laporkan
kuniriani
23/06/2012
coba perhatikan bentuk reliaef2 candi2 dibumi ini.ilustrasi mereka adalah sebuah peradaban yang tinggi.yang di jawa,india ,amerika,etc.mempunyai ciri yang identik..dari sini aku berkesimpulan itu sebuah situs peradaban makhluk luar bumi.eksistnsi mereka.
Balas   • Laporkan
mudjiaryanto
23/06/2012
kalau aku udah yakin,tapibelum bisa dibuktikan secara ilmiah. sebab dalam kepercayaan orang jawa ,anak nabi adam ada yang bernama anwas,yang menurunkan nabi di timur tengah dan yang bernama anwar menurunkan kadewataan yaitu diluar timur tengah termasuk in
Balas   • Laporkan
emplekkeplek
23/06/2012
sip. malaysia mana ada yg kyk gene...
Balas   • Laporkan
jay87th
23/06/2012
Pendataan awal yang detail dan akurat setiap posisi awal segala objek (gedesi). Analisa kronologis tumpang-tindihnya batu-batu dari permukaan hingga kedalaman (Geologist).Riwayat beban material batu hingga soil(ROC),digital setiap keping batu dalam 3D.
Balas   • Laporkan
dancoz
23/06/2012
pasti orang dulu hebat2.. contoh bangun candi... padahal alat masi blum modern kaya skr...
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id