TEKNOLOGI

Indonesia Penghasil Pisang Terbesar 7 Dunia

Indonesia merupakan kawasan pusat asal-usul pisang di dunia.

ddd
Selasa, 19 Juni 2012, 20:07
Pisang warna hijau
Pisang warna hijau (jonggol.net)

VIVAnews - Indonesia dikenal sebagai kawasan pusat asal-usul
pisang di dunia. Negara ini juga mempunyai varietas pisang yang lebih banyak dari negara lain. Tapi, ternyata Indonesia hanya menempati urutan ketujuh dunia sebagai produksi pisang tahunan.

Pakar bioteknologi yang juga Direktur Pusat Tanaman Tropis dan Biokomoditas di Queensland University of Technology, Australia, Profesor James Dale pada 19 Juni 2012 memaparkan makalah berjudul "Banana for the 21st Centuries: Pushing Back the Threat of Extinction" di Kedubes Australia, Kuningan Jakarta.

Berdasarkan data Dale, produksi pisang Indonesia hanya 6,3 juta ton per tahun. Indonesia kalah dengan produksi pisang India yang mencapai 26,2 juta ton per tahun dan Uganda dengan 10, 5 juta ton. Bahkan, masih tertinggal dengan Filipina dengan 9 Juta ton per tahun.

Pola pengelolaan pisang di Indonesia yang sebatas pekarangan menjadi faktor kecilnya produksi pisang. Di luar negeri, pisang menjadi salah satu komoditas yang dimanfaatkan. Ini disebabkan pengelolaan pisang dilakukan dengan sistem pertanian ribuan hektar untuk memproduksi pisang. Selain soal komoditas, tingginya produksi pisang disebabkan buah ini menjadi  makanan pokok bagi masyarakat tertentu, seperti di Uganda, Afrika.

Pisang menjadi salah satu dari makanan pokok dunia. Sembilan makanan pokok lain yakni beras, jagung, gandum,sorghum (sejenis tanaman serupa jagung atau gandum), singkong, millet (semacam padi-padian), talas, kentang manis, dan kentang.

Ikhwal asal usul pisang, Dale mengatakan spesies asli pisang tumbuh
sebagian besar di kawasan kepulauan Indonesia, Papua Nugini, dan
wilayah Asia Tenggara. Varietas asli pisang yang tumbuh di kawasan pusat ini dikenal dengan nama Musa accuminata (AA). Dengan perkembangan waktu, muncul varietas lain Musa balbisiana (BB). Jenis ini hasil persilangan alami varietas asli tersebut. Varietas Musa balbisiana (BB) tumbuh dan berkembang diwilayah India, Hongkong, dan Taiwan.

Varietas Musa accuminata berkembang menjadi beberapa spesies diantaranya errans di kawasan Filipina, banksii di Papua dan Papua
Nugini, zebrina disepanjang Nusa Tenggara sampai ujung barat Pulau
Jawa, microcarpa di Kalimantan, malacensis di Malaysia.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id