Penggemar Pisang Indonesia Tidak Perlu Cemas

rebung pisang
Sumber :

VIVAnews - Pisang diprediksi akan mengalami kepunahan dalam waktu dekat. Bahkan, majalah New Scientist memperkirakan spesies pisang akan punah pada 2013. Tahun tersebut merupakan tahun terakhir munculnya buah yang populer di dunia ini.

Menanggapi hal tersebut, peneliti dari Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia, Jatna Supriatna mengatakan pisang Indonesia belum akan punah. Dengan pola pemanfaatan pisang seperti saat ini, pisang Indonesia akan aman dari ancaman kepunahan.

"Di kita, pisang kan hanya pekarangan saja. Beda dengan di luar yang mengembangkan pisang dengan pertanian luas untuk keperluan produksi massal sampai ribuan hektar," kata Jatna usai seminar tentang "Ancaman Kepunahan Pisang" di Kedubes Australia, Kuningan, Jakarta, Selasa 19 Juni 2012.

Jatna menjelaskan dengan sistem pertanian di luar negeri, kepunahan pisang sangat mungkin terjadi. Ini mengingat penyakit Panama atau virus yang menyerang akan cepat menyebar melalui udara.

Jangan Asal Pilih Lensa Kontak, Bisa Sebabkan 5 Masalah Serius Ini

"Terlebih lagi, di sana pisang itu hanya satu varietas, yakni varietas Cavendish (sejenis pisang Ambon). Kalau di sini kita banyak varietas, karena Indonesia merupakan pusat asal usul pisang," papar ahli Biologi Universitas Indonesia ini.

Menurut Jatna, pola pemanfaatan pisang di luar negeri untuk memenuhi produksi massal dengan sistem jangka panjang. Ini berbeda dengan di Indonesia yang pola pemanfaatan pisang hanya sebatas jangka pendek untuk kebutuhan kecil saja.

"Kita nggak pakai pertanian karena teknologi kita nggak ada. Mereka produksi banyak, kemudian didistribusikan secara cepat. Di kita nggak, paling sampai pasar butuh beberapa hari," katanya.

Sepanjang pola pemanfaatan pisang di Indonesia seperti itu, Jatna menilai  kepunahan pisang tidak akan terjadi. "Saya kira jika demikian, agak jauh," ujarnya.

Wilayah Indonesia yang berkepulauan juga menguntungkan varietas pisang di Indonesia dari ancaman kepunahan.

"Virus jamur tanah kan cepat menyebar melalui udara. Untungnya, kita banyak (pulaunya). Jadi, mungkin di sini kena, di kota lain nggak kena. Kita ada 17.000 pulau dengan varietas beda-beda," tambahnya.

Jasad Wanita Open BO yang Dibunuh Hanyut Dibuang di Kali Bekasi Hingga ke Pulau Pari

Kendati pisang Indonesia aman dari ancaman kepunahan, dia tidak mengingkari bahwa wabah penyakit yang mengancam pisang juga mempunyai potensi menggerus pisang. Tapi, ancamannya tidak begitu signifikan.

"Adanya ancaman virus itu sudah lama. Tapi, kita juga perlu mengembangkan riset untuk melakukan pencegahan tersebut," ujarnya. (adi)

PKS sambangi PKB malam ini

Usai Nasdem, Presiden PKS Ahmad Syaikhu Sambangi Cak Imin di Markas PKB

Elite Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tiba di kantor DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada Kamis 25 April 2024 malam

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024