Setahun, Smartphone di RI Tumbuh 3 Kali Lipat

Pengguna Blackberry
Sumber :
  • hadicorcomm.wordpress.com

VIVAnews - Pertumbuhan industri seluler memang berkembang pesat di Indonesia. Bahkan berdasarkan studi yang dilakukan Ericsson ConsumerLab, pertumbuhan smartphone akan tumbuh hingga tiga kali lipat.

Gaza dan Sudan Terus Dilanda Konflik, Umat Muslim Tidak Bisa Merayakan Idul Fitri Seperti Biasa

Pertumbuhan smartphone itulah yang akan memicu pertumbuhan industri telekomunikasi, khususnya industri seluler di Indonesia.

"Jumlah smartphone di Indonesia diperkirakan akan tumbuh tiga kali lipat dalam waktu 12 bulan,” ujar Vishnu Singh, Regional Head of ConsumerLabr Ericsson in Southeast Asia and Oceania, dalam keterangan tertulis, 6 Juni 2012.

Vishnu melanjutkan, penggunaan smartphone saat ini lebih banyak digunakan untuk jejaring sosial dan SMS. Pasar seluler pun akan berkembang ke arah penggunaan aplikasi pada smartphone. "Hal ini tentunya akan mendorong permintaan akan jaringan yang lebih cepat dan andal," ucap Vishnu.

Vishnu juga mengatakan, operator di Indonesia terlihat siap menyajikan mobile broadband yang tumbuh dengan cepat. Salah satunya adalah dengan menghadirkan jaringan dan ekosistem LTE di spektrum 1800 Mhz.

Ericsson pun berbagi pengalaman mereka dalam refarming spektrum LTE di Australia. Menurut Warren Chaisatien, Strategic Marketing Manager Ericsson Southeast Asia and Oceania, Australia telah menjadi perintis dalam refarming frekuensi 1800 MHZ untuk LTE. Kurang dari setahun setelah peluncuran pertama LTE secara komersial, ekosistem 1800 MHz telah mencapai tahap matang dan pita frekuensi ini menjadi standar global.

"Ini membuktikan bahwa penggunaan spektrum yang fleksibel dan netral sangat penting untuk pengembangan dan kesuksesan mobile broadband,” ucap Warren.

Broadband pun dinilai menjadi aset penting dalam industri telekomunikasi. “Untuk setiap 1000 pengguna broadband tambahan, akan menciptakan sekitar 80 pekerjaan baru,” ucap Sam Saba, President Director  Ericsson Indonesia. (eh)

Pemudik berhenti di bahu jalan tol

Polri Catat 301 Kecelakaan Selama Arus Mudik Lebaran, 26 Orang Tewas

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mencatat ada 301 peristiwa kecelakaan yang terjadi selama arus mudik Lebaran 2024 di seluruh Indonesia. Kecelakaan tersebut mengakib

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024