Pesawat Tenaga Matahari Sukses Uji Terbang

Solar Impulse
Sumber :
  • wattnow.org

VIVAnews - Pesawat dengan bahan bakar tenaga matahari sukses melakukan uji coba penerbangan dari Spanyol menuju Maroko. Setelah melakukan penerbangan selama 19 jam, pesawat Solar Impulse yang lepas landas dari Madrid ini pun mendarat dengan mulus di Rabat.

Mengutip laman BBC, penerbangan dari Spanyol ke Maroko ini merupakan uji coba tahap kedua dari penerbangan perintis yang menggunakan tenaga matahari. Tahap pertama dimulai dari Swiss ke Belgia, pada 13 Mei tahun lalu. Hingga kini Solar Impulse telah menempuh perjalanan sepanjang 2.500 km.

Penerbangan ini disebut sebagai 'latihan' sebelum dilakukan tur dunia di tahun 2014 mendatang.

Dibuat dari bahan serat karbon, pesawat ini memiliki ukuran yang sama dengan pesawat Jumbo Jet Airbus A340. Tapi berat pesawat Solar Impulse setara dengan mobil berjenis family car.

Pesawat ini ditenagai dengan panel surya sebanyak 12.000 unit, untuk menghidupkan empat motor listriknya. Perjalanan Solar Impulse pun bisa diamati di situs resmi perusahaan, yang akan menunjukkan status daya tahan baterai, ketinggian, dan kecepatan.

Perjalanan pesawat ini juga bisa diikuti melalui live tweet yang dilakukan sang pilot, Bertrand Piccard, di akun @bertrandpiccard.

Mantan pilot balon udara ini pun berkali-kali mengungkapkan kekagumannya saat mengendarai pesawat ini. Piccar terus menulis mengenai apa saja yang dia lihat sepanjang perjalanan.

Salah satunya adalah saat Piccard menyaksikan keindahan bulan yang berpadu dengan matahari terbit, yang dilihatnya saat mengendarai Solar Impulse.

"Full moon on my right and sunrise on my left. Just incredible flight for the moment with #solarimpulse," tulis Piccard di salah satu tweet itu.

Solar Impulse sendiri mencetak sejarah di Juli 2012. Saat itu, Solar Impulse menempuh perjalanan non stop selama 24 jam. Ketika itu pesawat ini dikendarai oleh Andre Borschberg.

Penampakan AHY Nobar Timnas Indonesia Vs Uzbekistan Bareng Ribuan Warga Banyuwangi
Wakil Menteri BUMN II, Kartika Wirjoatmodjo.

Tiga BUMN Ini Kolaborasi Perluas Layanan Pengujian Berstandar Internasional

Holding BUMN Jasa Survei, IDSurvey melalui tiga entitasnya memperluas layanan laboratorium pengujian berstandar internasional.

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024