Kamera Video Masa Depan

Kamera Video Super Hi-Vision NHK
Sumber :
  • Diginfo.tv

VIVAnews - Perusahaan TV Jepang, NHK telah memamerkan kamera yang bisa "mencerna" 4 milliar piksel setiap detik. Rekaman video dengan 33 MP pada 120 frame tiap detik (fps) ini ditujukan untuk layar raksasa.

Sebagai pembanding, kamera iPhone 4S hanya 8 MP. Kamera film saat ini 24fps. Perusahaan seperti Toshiba sudah menunjukkan TV dan proyektor dengan resolusi di atas 1080p HD, resolusi tertinggi saat ini.

Sutradara film, Peter Jackson merekam film terbarunya The Hobbit dengan 48fps dan resolusi 4K (4096 x 2160-piksel), sekitar empat kali
lebih tajam dari HD. Begitupula dengan film karya David Fincher, The Social Network. Film tentang Facebook ini direkam dalam 4K.

YouTube juga akan menyiapkan untuk memuat rekaman video 4K. Format 4K telah menjadi standar baru produksi film Hollywood.

Kamera NHK mendemonstrasikan model standar Ultra-HD. Super Hi-Vision merupakan salah satu dari resolusi yang dirancang untuk TV lebih tinggi dari definisi tinggi (HD).

Marah Anggotanya Disiksa, ISIS Rilis Video Ancam Bunuh Presiden Putin: Berhenti Siksa Anggota Kami!

Beberapa perbedaan standar resolusi di atas HD akan diujicobakan pada tahun ini. Siaran penyelenggaraan Olimpiade akan bisa ditayangkan pada layar raksasa.

Menurut Daily Mail, BBC akan merekam pertandingan untuk ditayangkan pada Toshiba ZL2. Inilah TV konsumen pertama yang dilengkapi resolusi maksimal quadHD 3840x2160. Layar selebar 55 inci menampilkan tayangan 3D yang bisa disaksikan tanpa perlu kacamata. Detail yang ditampilkan begitu jernih dan tajam.

Kendala dari teknologi ini pada keseimbangan dengan pengembangan teknologi pendukung. Tidak ada pemutar video yang beredar sanggup menayangkan format 4K secara penuh. Bahkan, setiap cakram yang menyimpan format ini.

Ada beberapa resolusi yang menyebutkan klaim bisa menandingi perkembangan melewati HD ini. Dari 2K hingga 8K. (sj)

Dinda Kanyadewi

Perjuangan Dinda Kanyadewi Main Film Badarawuhi di Desa Penari, Make Up sampai 6 Jam

Dinda Kanyadewi berperan jadi karakter yang cukup memberi tantangan dan beda dari karakter-karakter yang sudah ia perankan sebelumnya.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024