Situs Batu di Cilacap Bernilai Seni Tinggi

Situs Gunung Padang di Cilacap tambahan
Sumber :
  • VIVAnews/Robbi

VIVAnews - Keberadaan Situs Gunung Padang di Desa Salebu, Majenang, Cilacap, Jawa Tengah sudah tersebar lewat media massa. Maka, polisi setempat akan menjaga situs tersebut, yang diduga memiliki nilai seni yang tinggi.

Semakin banyak orang yang tahu keberadaan situs itu, makin meningkat juga ancaman perusakan berupa pencurian batu-batu. Kapolres Cilacap, AKBP Rudi Darmoko, mengaku sudah mendapat informasi mengenai keberadaan situs ini.

"Kami akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah Kabupaten Cilacap untuk mempersiapkan langkah," kata dia, Selasa 29 Mei 2012.

Seorang aktivis budaya Hizi Firmansyah, yang tinggal di Kecamatan Majenang, menyatakan ancaman terhadap keberadaan situs tersebut sangat tinggi. Pasalnya, situs batu tersebut memiliki bentuk dan nilai seni yang tinggi.

Menurut Hizi, ia pernah diminta oleh seorang kolektor di Yogyakarta untuk membawa satu batu tersebut. Kolektor tersebut mengaku siap membayar satu batang batu tersebut dengan harga 100 juta rupiah. Namun Hizi mengaku tidak mungkin menjual benda bersejarah kepada kolektor.

Hizi mengaku telah melakukan berbagai upaya baik ke masyarakat sekitar, pemerintah daerah, dan badan purbakala untuk melakukan penelitian dan penyelamatan terhadap situs tersebut. Namun hingga saat ini belum ada tindakan apapun dari pihak yang pernah diajak bekerja sama. (ren)

Pencarian Perawatan Kesehatan Global, Memahami Perspektif dan Tren Masyarakat Indonesia
Pemain Bhayangkara FC rayakan gol

Radja Nainggolan Bikin 3 Assist, Bhayangkara FC Bantai Persik Kediri 7-0

Bhayangkara FC menjaga asa bertahan di Liga 1. The Guardian mengamuk dengan menggasak Persik Kediri 5-0 di Stadion PTIK, Jakarta, Selasa 16 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024