Peneliti Indonesia-Jepang Bicara Gempa

Peta lokasi episentrum gempa bumi Sumatra 11 April 2012
Sumber :
  • REUTERS/Thomas Peter

VIVAnews - Indonesia dan Jepang merupakan dua negara yang memiliki kesamaan dari sisi geologi. Keduanya berada di pinggiran tabrakan antar lempeng. Kesamaan latar belakang ini menyatukan peneliti Indonesia dan Jepang untuk bekerja sama melalui lembaga risetnya sejak 2009. Hari ini hasil penelitian akan diumumkan kepada publik.

Direktur Proyek LIPI-JICA sekaligus Peneliti Kegempaan LIPI, Prof Dr Hery Harjono mengatakan, Indonesia berada antara tabrakan lempeng Indo-Australia dengan lempeng Eurasia dan Pasifik. Sedangkan, Jepang berada diantara tabrakan lempeng Pasifik dengan Eurasia.

“Oleh karena itu, kedua negara banyak mengalami gempa bumi maupun letusan gunung berapi,” ujar Hery dalam pernyataan tertulisnya.

Proyek kerjasama riset ini dipimpin oleh Prof Dr Kenji Satake dari Earthquake Research Institute (ERI), Universitas Tokyo, Jepang.

Penelitian gabungan ini memiliki fokus pada gempa bumi, tsunami, dan gunung api. Program “Multi-disciplinary Hazard Reduction from Earthquake and Volcanoes in Indonesia” telah berjalan selama 3 tahun.

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek), Japan Science and Technology (JST), dan Japan International Cooperation Agency (JICA) menghasilkan puluhan hasil riset tentang kegempaan dan kegunungapian. Riset ini ditulis pada jurnal Special Issue On “Multi-disciplinary Hazard Reduction from Earthquakes and Volcanoes in Indonesia”.

Studi ini berakhir pada Mei 2012. Penutupan secara resmi telah berlangsung di Kemenristek pada 30 April 2012. Penyerahan hasil-hasil riset kepada Menteri Negara Riset dan Teknologi serta Duta Besar Jepang menjadi agenda penutup.

Hari ini pertemuan dengan para tenaga ahli Jepang dan Indonesia serta perwakilan instansi terkait akan digelar di kantor LIPI, Jakarta. (umi)

Sisterhood Modest Bazaar, Berburu Baju Lebaran Hingga Menu Berbuka
Kepala BNPT Komjen Pol. Rycko Amelza Dahniel

Senada dengan BNPT, Guru Besar UI Sebut Perempuan, Anak dan Remaja Rentan Terpapar Radikalisme

Guru Besar Fakultas Psikologi UI Prof. Dr. Mirra Noor Milla, sepakat bahwa perempuan, anak-anak, dan remaja rentan terpapar radikalisme, seperti paparan BNPT

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024