Danau Satelit Saturnus Mirip Bumi

Danau di Satelit Saturnus Mirip dengan Afrika
Sumber :
  • Space.com

VIVAnews - Para ilmuwan telah lama berpikir bahwa danau pada satelit Saturnus, Titan yang dikenal sebagai Ontario Lacus merupakan danau yang relatif stabil terisi dengan hidrokarbon cair, seperti gas metana dan etana. Tapi, analisis dari data pesawat ruang angkasa Cassini NASA menemukan bukti baru dari saluran lama yang sebelumnya terukir pada ujung selatan dasar danau tersebut.

Data ini menunjukkan Ontario Lacus secara berkala mengering dan kemudian terisi ulang dari bawah tanah. Cara pengisian ini serupa dengan danau kering Etosha di Namibia, Afrika. Tempat berkumpulnya satwa liar ini akan memperoleh lapisan air dengan kandungan mineral yang tinggi. Hampir sepanjang tahun permukaannya dilapisi lumpur kering dengan garam.

"Beberapa hal terjadi di sini, terjadi juga di Titan," ujar Bonnie Buratti selaku anggota tim Cassini yang berbasis di laboratorium Jet Propulsion NASA di Pasadena, California, Amerika Serikat.

"Di bumi, lahan bergaram cenderung terbentuk di gurun karena cairan dapat tiba-tiba berkumpul. Sepertinya hal yang sama terjadi di Titan," sebutnya seperti dikutip dari laman Space.com.

Dengan diameter 5.150 kilometer, Titan hampir 50 persen lebih luas daripada bulan. Satelit yang lebih besar dari Titan dalam tata surya kita yakni Ganymede, yang  mengorbit Jupiter.

Titan menjadi satu-satunya wilayah di luar bumi yang diketahui memiliki lapisan cairan stabil pada permukaannya. Titan memiliki siklus cuaca serupa planet kita, meskipun lebih banyak mengandung hidrokarbon dibanding air.

Studi baru ini merupakan bagian dari investigasi yang sedang berlangsung Ontario Lacus. Pesawat Cassini telah mengamati danau tersebut untuk melihat kemiripan perubahan musim Titan dengan bumi.

Keberadaan molekul organik yang kompleks dalam atmosfer Titan yang tebal dan kaya nitrogen tersebut menarik minat para ahli astrobiologi. Tubuh satelit planet bercincin tersebut dapat menjadi salah satu tempat terbaik di tata surya untuk mencari kehidupan di luar bumi.

Innalillahi, King Nassar Berduka Ayahanda Meninggal Dunia
Peristiwa serangan teroris di Gedung Teater dekat Moskow, Rusia

100 People Still Missing in Moscow Concert Hall Attack

The final death toll from the Moscow concert hall terrorist attack could be much higher than the 140 confirmed dead, with Russian state investigations saying they have re

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024