TEKNOLOGI

Penerbangan Terakhir Pesawat Discovery

Hari ini pesawat ruang angkasa Discovery mengucap salam perpisahan di langit.

ddd
Selasa, 17 April 2012, 15:48
Discovery
Discovery (BBC)

VIVAnews - 17 April 2012 menjadi hari bersejarah bagi pesawat ruang angkasa Discovery. Hari ini kali terakhir Discovery terbang, kendati tidak mengandalkan mesinnya.

Pesawat pensiunan ini terbang di atas jet Boeing 747 yang telah dimodifikasi dari Florida ke Virginia, Amerika Serikat, untuk "beristirahat" di Museum Udara dan Antariksa Nasional Smithsonian.

Discovery dan jumbo jet-nya berangkat setelah matahari terbit dari Kennedy Space Center NASA di Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat. Keduanya akan mendarat pada siang hari di Bandara Internasional Dulles di luar Washington, D.C., AS.

Demi perjalanan ini Boeing 747 yang dikenal sebagai Pesawat Pembawa Pesawat Ruang Angkasa mengangkat Discovery di atasnya. Setelah mendarat, dua crane besar akan mengangkat pesawat pengorbit itu untuk memisahkannya dari jet dan meletakkan rodanya di tanah.

Pada Kamis mendatang, Discovery dijadwalkan akan ditarik dari bandara ke hanggar raksasa di Chantilly, Steven F. Udvar-Hazy Center. Hangar itu merupakan bagian dari Museum Udara dan Antariksa Nasional.

Selama penerbangan hari ini, pesawat itu dijadwalkan untuk terbang melintasi Washington, D.C. Ibukota menggelar acara gathering "Spot the Shuttle" di atas atap, balkon, dan restoran outdoor.

Pesawat Discovery dijadwalkan dapat dilihat dari National Mall, Bandara Nasional Reagan, Pelabuhan Nasional dan tempat-tempat lainnya. Pengguna Twitter yang melihat dapat memberi laporan pandangan menggunakan tagar #spottheshuttle.

Acara menyambut Discovery di pusat Udvar-Hazy akan dimulai pada pukul 08.00 pagi waktu setempat. Warga sekitar diperbolehkan untuk menyaksikan Discovery mendekati lokasi parkirnya, kendati akses publik tertutup untuk menyaksikan pendaratan di bandara.

"Pengunjung diundang untuk membawa sarapan sendiri dan bergabung menyaksikan pesawat di pelataran parkir," ujar petugas Museum Smithsonian dalam pernyataan tertulis. Mereka merekomendasikan pengunjung untuk membawa teropong agar dapat melihat lebih jelas. Kedatangan pesawat di Dulles akan disiarkan langsung dari gedung Museum Udara dan Antariksa di National Mall di Washington, D.C.

Discovery merupakan salah satu dari tiga pengorbit pesawat ulang-alik NASA. Semua perjalanan terakhir mereka ke ruang angkasa berakhir tahun lalu. Adik pesawat pengorbit itu, Atlantis dan Endeavour akan dipajang di Kennedy Space Center dan California Science Center di Los Angeles, AS. Anda bisa menonton penerbangan terakhir Discovery hingga tiba di Virginia, AS pada situs NASA Television.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com