FOTO: Aksi Batman dari Slovakia

Zoltan Kohari alias Batman Slovakia
Sumber :
  • REUTERS/ Radovan Stoklasa

VIVAnews -- Kostumnya memang tak seapik versi film, ia juga tak punya kekuatan super. Namun, Zoltan Kohari siap mengabdi untuk warga Kota Dunajska Streda, selatan Slovakia. Dengan kostum superhero Batman.

Setiap beraksi, ia menggunakan kostum ala Batman dari bahan kulit buatan sendiri. Logo kelelawar terpampang di dadanya, juga ada aksen runcing di bagian telinga.

Seperti apa aksinya melawan kejahatan? Pria 26 tahun itu tak lantas berperilaku sok jagoan. Ia membersihkan jalanan dengan sukarela, membantu orang tua yang kesulitan berjalan, dan melapor ke polisi jika menjumpai hal yang mencurigakan.

"Saya telah memutuskan untuk berbuat baik pada orang lain. Menjaga ketertiban dan membantu membersihkan lingkungan, sehingga kita, manusia bisa tetap hidup sejahtera di planet ini," kata dia, kepada Reuters.

Berbeda nasib dengan tokoh di balik Batman dalam komik dan kartun, jutawan Bruce Wayne, Kohari adalah sosok nyata, yang pernah terperosok ke dunia hitam.

Pria yang berprofesi sebagai pengecat rumah profesional itu sempat menghabiskan waktu delapan bulan dalam penjara tahun lalu. Saat bebas ia berniat bunuh diri, sampai suatu ketika Kohari menyadari, ia punya misi yang harus dilakukan: membuat hidup orang lain dan lingkungannya lebih baik.

Karena tak memiliki pekerjaan tetap, ia pindah ke sebuah blok apartemen bobrok tanpa listrik dan air mengalir dan mengubahnya menjadi "gua Batman".

Langkah Kohari meniru tokoh Batman saat ini juga menjadi tren di Amerika Serikat, ketika orang-orang biasa mengenakan kostum superhero dan melakukan pelayanan publik.

Kohari mengatakan, selama beraksi, ia tak pernah menggunakan kekuatan fisik untuk menghajar orang lain. Sejumlah orang menudingnya gila, tapi para tetangganya mengatakan, ia adalah sosok yang jujur dan baik.

"Kehidupannya sangat keras, tapi ia bisa diandalkan. Kami menyukainya. Ia membantu kami mengawasi ketertiban umum, ia adalah pahlawan bagi anak saya dan teman-teman sekolahnya," kata Jana Kocisova, salah satu tetangganya.

Ternyata, selain membersihkan lingkungan dan membantu para jompo, "Batman" punya target misi berikutnya. Yakni, mencegah pengunjung yang kasar di diskotik lokal. Lihat aksi "Batman" dalam tautan ini.

Nikmati Hari Raya Tanpa Khawatir! Ini Tips Jitu Cegah Kolesterol Tinggi
[dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif]

Dongkrak Industri Kreatif, Sandiaga Uno Dorong Sinergi Pemerintah dan Pelaku Usaha

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI terus mendorong kemunculan industri-industri kreatif baru di Tanah Air saat ini.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024