VIDEO: Ekskavasi di Situs Kota China Medan

Ekskavasi di Situs Kota Cina, Medan
Sumber :
  • ANTARA

VIVAnews - Sejak awal Februari, Balai Arkeologi Medan yang bekerja sama dengan lembaga penelitian asal Prancis melakukan ekskavasi arkeologi di Situs Kota China, Payah Pasir, Medan, Sumatera Utara. Ekskavasi dilakukan di beberapa titik situs yang terlupakan berasal dari abad 11 itu. 

Dari hasil ekskavasi, sejumlah nomor keramik dan gerabah dari abad 11 hingga 14. Asal temuan pun beragam. Ada yang diduga berasal dari India Selatan, Asia Daratan, dan China.

Bahaya Perangkat Elektronik Terhadap Siklus Tidur Manusia

Temuan ini mengungkap bahwa situs merupakan sebuah lokasi yang pernah jadi pusat perdagangan dan memanfaatkan. Ini dengan keberadaan wihara kecil yang tua dan terlupakan sebagai salah satu peninggalan masa itu.

"Aktivitasnya sudah cukup kompleks. Dari ragam artefak situs ini sudah kosmopolit pada masa itu. Dalam artian, pendukung budayanya dari beragam latar belakang, baik agama atau kebangsaan," kata arkeolog Ery Soedewa.

Sejumlah temuan ekskavasi ini kemudian disimpan di dekat lokasi ekskavasi. Situs Kota China pertama kali ditemukan oleh arkeolog asal Inggris, Edmund Edward McKinnon pada 1972. (art)

Ilustrasi sistem drone antimaling

10 Kota Paling Berbahaya di Dunia Bagi Wisatawan, Mayoritas Benua Merah

Mengunjungi lokasi baru di berbagai bagian dunia tentu merupakan pengalaman yang menggembirakan. Ada deretan kota paling berbahaya di dunia, ini wilayahnya

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024