TEKNOLOGI

Pameran Wajah Nenek Moyang Manusia di Jerman

Ilmuwan merekonstruksi bentuk wajah manusia purba, bahkan yang hidup 7 juta tahun silam.

ddd
Sabtu, 7 Januari 2012, 14:44
Sahelanthropus tchadensis yang hidup 7 juta tahun lalu
Sahelanthropus tchadensis yang hidup 7 juta tahun lalu (Daily Mail)

VIVAnews - Sebuah pameran di Dresden, Jerman, memamerkan gambaran wajah para nenek moyang manusia. Menggunakan teknik forensik, para ilmuwan merekonstruksi bentuk wajah manusia purba, bahkan yang hidup 7 juta tahun lalu. 

Hasilnya ada 27 model kepala nenek moyang yang diciptakan dengan menggunakan sisa fosil. Termasuk di antaranya, rupa nenek kita, hominid dari Afrika, Sahelanthropus tchadensis

Sahelanthropus tchadensis yang hidup 7 juta tahun lalu

Salhelanthropus tchadensis hidup pada masa di mana manusia dan simpanse--sepupu terdekat dalam proses evolusi kita, terpisah secara genetis.

Untuk mereka wajah nenek moyang, para ahli antropologi forensik menggunakan komputer serupa dengan polisi untuk merekonstruksi bentuk dari sisa-sisa tubuh manusia. Dengan modal fosil tengkorak para nenek moyang yang nyaris utuh, mereka bisa merekonstruksi seperti apa wajah mereka.

"Menggunakan metode antropologi forensik, berbagai varian hominid diciptakan kembali, bukan sebagai dalam konteks karakteristik, tapi sebagai individu," demikian penjelasan yang diutarakan pihak museum, seperti dimuat Daily Mail. "Masing-masing dari mereka menceritakan kisah: di mana mereka tinggal, apa yang mereka makan, kemungkinan penyebab kematian mereka dan banyak lagi."

Selain wajah para pendahulu manusia, juga dipamerkan tombak tua, yang berasal dari masa 400 ribu tahun yang lalu.

Soal lokasi penggalian tertua yang disebut di Afrika, pihak museum menjelaskan, "Meski ada sedikit keraguan bahwa Afrika adalah asal usul umat manusia, namun sejauh ini ia adalah lokasi galian paling kuno nenek moyang yang telah kita temukan."

"Pameran ini memperkenalkan Anda ke situs penggalian di Afrika di mana para ilmuwan sedang melakukan penelitian soal  asal-usul umat manusia."

Selain menampilkan Sahelanthropus tchadensis, pameran juga memajang wajah model Homo rudolfensis, yang ditemukan di Kenya, yang diperkirakan hidup pada 2 juta tahun lalu. Juga Australopithecus africanus, hominid ini diperkirakan salah satu leluhur manusia dengan otak yang besar, hidup 2 juta tahun lalu.

Tak ketinggalan, Homo erectus, yang hidup 1 juta tahun lalu. Teori mengatakan ini merupakan spesies asli di Afrika yang bermigrasi ke  India, Cina dan Jawa. Sedangkan teori lain mengatakan ia berpindah dari Asia ke Afrika.

Homo Erectus

Selain itu, juga ditunjukkan Homo neanderthalensis yang hidup 60.000 tahun lalu. Kemungkinan ini adalah kerabat terdekat manusia. Populasi mereka berkembang di Eropa dan Asia.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
abunawas_shan
25/02/2012
semua manusia yg ada di dunia ini adlh keturunan anak cucu dari Nabi Adam dan Siti Hawa. yg Allah ciptakan dgn sempurna, para malaikat pun sujud kpd Nabi Adam... terkecuali iblis...
Balas   • Laporkan
azgalors
08/02/2012
rekayasa dan menebak.... yang hanya bisa dibuktikan dengan fosil (yg mungkin jg direkayasa)
Balas   • Laporkan
ragrag
20/01/2012
wah keren
Balas   • Laporkan
lovegaruda
12/01/2012
ini nenek moyang manusia? sebangsa binatang?berati otaknya dikit dong?klo seperti ini saya setuju klo Org dipemerintahan yg korup nenek moyangnya kaya gini otaknya dikit.hahaha...
Balas   • Laporkan
vivanews01
09/01/2012
Yah ilmiah ya ilmiah berdasarkan temuan fosil dan dipelajari kalau ternyata benar mau ngomong apa?
Balas   • Laporkan
ignored
08/01/2012
kaLo monyet pada berevoLusi jadi manusia, koQ sekarang masih banyak monyet ya,,,, ??????????? "sesungguhnya manusia diciptakan dg bentuk yg sempurna"...
Balas   • Laporkan
drbram
08/01/2012
bukannya teori darwin tentang evolusi monyet ke manusia dah di hapuskan karena terbukti bohongnya..??? sebagai orang yang pedoman hidupnya alquran dan hadist,tentu saja teori itu sulit untuk di terima..
Balas   • Laporkan
juliverius.emerald
08/01/2012
aku tahu akan cerita cerita dunia yang bisa terhubung dari cerita agama dan masalah masalahnya dunia tercipta dari kumpulan suatu zat atau mospo yang terjadi milyaran tahun yang membentuk suatu bongkahan dan bongkahan itu adalah mospo yang memiliki kumpu
Balas   • Laporkan
fajar.nazrulloh
07/01/2012
wkwkwkwkwkkwk.......jelek amat nenek moyang gw,.....ga mungkin,...nenek moyang gw kan nabi adam as sama hawa,......enak aja disamain ama kera.....
Balas   • Laporkan
imanda_pramana
07/01/2012
pict terakhir lebih bisa di terima
Balas   • Laporkan
bluemoon | 07/01/2012 | Laporkan
7 juta tahun lalu. 2 juta tahun lalu waktu yang panjang untuk berevolusi pict yang pertama juga bisa diterima koq...


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id