Satelit Phobos Grunt Diduga Jatuh Januari

Phobos-Grunt, satelit milik Russia yang rusak di orbit Bumi
Sumber :
  • discovery.com

VIVAnews - Satelit Luar Angkasa Rusia, Phobos Grunt, yang diluncurkan pada penghujung tahun 2011 untuk misi ke Mars gagal mendarat pada tujuan. Diperkirakan, pesawat tersebut akan jatuh di Bumi pada pertengahan Januari.

“Sekarang masih dipantau. Tanggal jatuh belum dipastikan, kemungkinan pertengahan Januari," ujar Peneliti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin saat dihubungi VIVAnews, Selasa, 3 Januari 2012.

"Karena tergantung kerapatan atmosfer bumi yang berfungsi sebagai efek pengereman orbit satelit,” lanjut Thomas.

Dalam pantauan LAPAN saat ini, pesawat yang kini telah menjadi sampah antariksa tersebut berada dalam posisi ketinggian antara 180 sampai 250 Km dan sampai saat ini masih mengelilingi bumi.

Lalu di mana sampah antariksa tersebut akan jatuh? Thomas mengatakan hal itu belum dapat dipastikan.

Untuk mengetahui kapan pastinya jatuh baru bisa diketahui menjelang sampah tersebut benar-benar jatuh ke bumi. “Dua jam sebelum jatuh baru bisa dipastikan keakuratannya, jatuhnya di titik mana,” kata jebolan Universitas Kyoto ini.  (eh)

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman
Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024