Kontribusi Lintasarta Stabil 20%

VIVAnews - Pada 2008, PT Aplikanusa Lintasarta (Lintasarta) memperkirakan kontribusinya terhadap Indosat MIDI (Multimedia Internet Data Interkoneksi) relatif stabil, yakni sekitar 20 persen. Kendati tak banyak perubahan pada nilai kontribusi, General Manager Lintasarta Noor SDK Devi mengatakan jumlah kontribusinya bertumbuh.

Hal itu disampaikannya di sela-sela konferensi pers Kampanye Creative Solutions & Website Baru Lintasarta di kantornya, Jakarta, Kamis 5 Februari 2009.

"Tahun 2007, kontribusi Lintasarta ke Indosat MIDI mencapai 20 persen, yakni sekitar Rp 878 miliar dari total pendapatan sekitar Rp 4 triliun. Tahun ini, saya rasa besar kontribusinya tetap sama, hanya saja jumlahnya yang bertambah," kata Devi.

Di tahun 2008, dia juga memprediksi, pendapatan Lintasarta sendiri akan tumbuh 10 hingga 12 persen. "Laporan kinerjanya belum dirilis, masih dalam proses audit. Jadi, persentase tersebut masih ekspektasi sampai laporannya keluar, kira-kira akhir Februari," ucapnya.

Sementara pada 2009, penyedia komunikasi data, Internet, dan layanan nilai tambah di bawah perusahaan induk Indosat itu, akan lebih fokus pada upaya retensi pelanggan saat ini (existing customer).

"Akibat krisis finansial global, ada tren di dalam perusahaann untuk mengurangi belanjanya. Karena itu, kami berinisiatif untuk menurunkan harga," ujar Devi.

Terkait efisiensi yang dilakukan besar-besaran tersebut, muncul tren di mana perusahaan-perusahaan akan menyusutkan OPEX (Operational Expenditure) untuk energi, sekitar 30 persen.

"Kami pun melakukan penghematan. Rencananya, pada infrastruktur Lintasarta akan dilakukan konsolidasi teknis untuk efisiensi jaringan sejumlah customer. Biarpun begitu, kami tetap menjamin kualitasnya," tandas Devi.

Walaupun demikian, pendapatan Lintasarta diproyeksi tetap akan stabil. Pasalnya, menurut Devi, terdapat kecenderungan pada existing customer yang berjumlah lebih dari 1.400 untuk terus memperluas kapasitasnya melalui jaringan Lintasarta.

"Jadi, kami lebih fokus pada penambahan volume kapasitas untuk pelanggan dan menawarkan beberapa layanan khusus untuk meretensi existing customer," ujarnya.

Sementara itu, di tempat yang sama, direktur pemasaran Lintasarta M. Ma'ruf mengatakan, saat ini Lintasarta menguasai pangsa pasar terbesar di sektor banking dan keuangan, yakni sekitar 70 persen.

5 Film Romantis Berlatar Perang Dunia II, Kisah Cinta di Tengah Kekacauan
Menteri ATR/Kepala BPN, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

AHY Wanti-wanti Prabowo Usai Bertemu Cak Imin

Ketua Umum Partai Demokrat AHY merespons pertemuan Prabowo Subianto dengan Cak Imin di kantor DPP PKB, Rabu. AHY memberikan peringatan ke Prabowo

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024