Tata Kanal 3G, Axis Tak Jadi Geser Telkomsel

foto ilustrasi bts
Sumber :

VIVAnews - Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring mengatakan penataan kanal 3G di blok kedua (second carrier) sudah selesai dilakukan. Penataan ini disebut Tifatul atas kesepakatan operator-operator yang beroperasi di Indonesia.

"Jadi lima operator 3G sudah sepakat dengan skema ini, dan sudah tanda tangan hitam di atas putih," kata Tifatul, dalam pesan singkat yang diterima VIVAnews, Rabu, 14 Desember 2011.

"Mereka juga setuju dengan rencana pemerintah yang akan menata ulang kanal 3G serta membuka peluang penambahan third carrier (blok ketiga) di awal tahun 2012 ini", lanjutnya.

Tifatul juga mengatakan, pembagian ini sudah ditandatanganinya sebagai Menteri Kominfo. Sebelumnya, Tifatul memang menargetkan akan menyelesaikan penataan spektrum 3G ini sebelum tahun 2012.

Di pembagian kanal ini, Telkomsel tidak jadi pindah blok. Sebelumnya ada rencana kanal 4 yang ditempati Telkomsel, akan digunakan Axis, namun ditolak Telkomsel. "Namun Axis diberikan kanal kedua yang contigous (berdampingan), yaitu blok 2 dan 3," jelas Tifatul.

Di penataan ini, HCPT (Three) mendapat tambahan second carrier di blok 6. Sedangkan Indosat dan XL tidak bergeser dari blok semula.

"Dengan selesainya penataan second carrier di kanal 3G ini, diharapkan penataan kanal-kanal frekwensi yang lain akan lebih lancar. Kami ingin merapikan semua frekwensi yang ada, ini penting bagi alokasi kanal baru untuk penggunaan teknologi lanjutan seperti TV digital, LTE, dan sebagainya," ucap Tifatul.

Tifatul juga membantah isu adanya kepentingan asing dalam penataan ini. "Kita berdaulat dan mengutamakan kepentingan bangsa," ucap mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera ini. (ren)

Ternyata Buah Delima Punya Manfaat untuk Sembuhkan Kanker, Benarkah?
Vaksinasi PMK bagi hewan ternak di Kota Tangerang

2.000 Hewan Ternak Dilakukan Vaksinasi Antisipasi Wabah PMK Secara Gratis

Wabah PMK atau Penyakit Mulut dan Kuku masih menjadi momok menakutkan bagi para peternak. Adanya hal ini, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang terus memasifkan pem

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024