Data Bank Dunia Kini Bisa Diakses di Internet

Kantor Bank Dunia
Sumber :
  • diverseeducation.com

VIVAnews - Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi mulai difokuskan untuk mengembangkan tata kelola pemerintahan yang baik atau good governance. Sebagai salah satu lembaga internasional yang fokus dalam isu pemerintahan yang baik, Bank Dunia pun menyediakan sumber data terkait dengan informasi pemerintahan suatu negara, secara online.

"Peran teknologi informasi dan komunikasi juga untuk mendukung akuntabilitas publik, akses info oleh publik, dan reaksi publik kepada pemerintah," ujar Jim Adams, Vice President World Bank, dalam sambutan di seminar ICT, Gedung Pasca-Sarjana Paramadina, Jakarta, Selasa, 6 Desember 2011.

Bank Dunia pun menyediakan open data dalam website data.worldbank.org, yang berisi data terkait pemerintah, dengan lebih dari 7 ribu indikator untuk lebih dari 200 negara.

"Open data ini tersedia untuk publik, dan bebas biaya untuk mendapatkan data tersebut," ucap Davis. Data yang ada, menurut dia, relevan bagi peneliti kebijakan publik, pemerintah, maupun pegiat sosial.

Jim Davis berharap data yang ada tersebut dapat diterapkan di masing-masing negara. Ia pun berharap dengan adanya data tersebut dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kebijakan publik. (art)

Prabowo Ingin Bentuk 'Executive Heavy" dengan Rangkul Semua Parpol, Kata Peneliti BRIN
Reskrim Polres Metro Jakarta Barat meringkus sipir taksi online bernama Michael Gomgom (30), yang menodong dan memeras seorang wanita yang menjadi penumpangnya.

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp 100 Juta Ditangkap saat Tidur Pulas

Reskrim Polres Jakarta Barat, meringkus sopir taksi online, Michael Gomgom (30), yang menodong dan memeras seorang wanita yang menjadi penumpangnya. Dia sedang istirahat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024