Dua Pulau Purba Ditemukan di Samudera Hindia

Peta pusat gempa dunia
Sumber :
  • http://denali.gsfc.nasa.gov/dtam/

VIVAnews - Para peneliti menemukan dua pulau raksasa di Samudera Hindia. Tepatnya di sebelah barat Benua Australia.

Pulau itu ukurannya sekitar Virginia Barat di Amerika atau seukuran Skotlandia. Sebagai gambaran, Skotlandia memiliki luas total sekitar 78,772 kilometer persegi. Sementara Virginia Barat luasnya sekitar 62,755 kilometer persegi.

Pulau yang ditemui iniĀ  merupakan bagian super kontinen Gondwana dan tenggelam dikedalaman sekitar 1,6 kilometer.

Peneliti dari Universitas Sydney, Universitas Macquarie, dan Universitas Tasmania menyatakan pulau ini pernah berada di permukaan laut. Pulau inilah yang diduga dulunya menghubungkan Benua Australia dengan India.

Para peneliti memetakan temuan itu saat memetakan dasar laut dataran abisal Perth. "Data yang dikumpulkan sangat penting untuk mengubah cara kita memahami pemisahan India, Australia, dan Antartika saat berpisah dari Gondwana," kata Geolog dari Universitas Sydney, Joanne Whittaker sebagaimana dilansir laman foxnews.com.

Pulau ini kemudian disebut sebagai 'mikro-kontinen', yang dibentuk saat India mulai dibentuk dengan berpisah dari Australia, sekitar 130 juta tahun yang lalu atau pada masa Cretaceous. Saat itu, dinosaurus masih hidup bumi.

Kedua daratan yang luas itu terpisah hingga jarak ribuan mil. "Pulau purba yang dipetakan selama ekspedisi ini memiliki permukaan datar yang mengindikasikan mereka pernah berada di permukaan laut sebelum tenggelam," kata Whittaker. (eh)

Klasemen Grup A Piala Asia U-23 dan Skenario Timnas Indonesia U-23 Tembus Perempat Final
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)

IHSG Dibayangi Koreksi Wajar Akibat Fluktuasi Rupiah hingga Kondisi Geopolitik Global

Indeks harga saham gabungan atau IHSG melemah 35 poin atau 0,49 Persen di level 7.131 pada pembukaan perdagangan Jumat pagi.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024