Masa Depan webOS Belum Jelas

HP PalmPad
Sumber :
  • slashgear.com

VIVAnews - Hewlett Packard (HP) dikabarkan tengah dinasehati oleh Bank of America Merrill Lynch terkait apakah perusahaan tersebut akan memutuskan untuk tetap memegang atau menjual platform software webOS mereka.

Keputusan menjual platform tersebut berpotensi akan menghadirkan ratusan juta dolar AS bagi perusahaan. Namun menurut analis, angka ini jauh lebih sedikit dibandingkan dengan US$1,2 miliar atau sekitar Rp10,7 triliun yang telah dikeluarkan HP saat membeli Palm pada tahun 2010 lalu.

Sejumlah perusahaan teknologi tampak telah menunjukkan ketertarikan mereka untuk membeli divisi tersebut dari HP. Kemungkinan besar, mereka meminati sejumlah paten di industri mobile yang dimiliki. Menurut sebuah sumber di industri, salah satu peminat webOS kemungkinan adalah Oracle.

Dikutip dari TG Daily, 14 November 2011, sebelum ini, Samsung dan HTC terindikasi pula ingin menguasai platform tersebut sebagai salah satu cara untuk melakukan diferensiasi terhadap perangkat mobile mereka dibanding kompetitor (Android dan iOS).

Seperti diketahui, HP sendiri sempat menghadirkan perangkat berbasis webOS yakni HP TouchPad. Namun produk ini gagal meraih perhatian pasar dan membuat mereka langsung meninggalkan platform tersebut serta mengobral produk tablet PC yang telah mereka produksi itu seharga US$99 atau sekitar Rp884 ribu saja.

Leo Apotheker, mantan Chief Executive Officer HP yang bertanggungjawab atas pembelian Palm, termasuk webOS telah meninggalkan perusahaan. Belum ada informasi lebih lanjut apakah yang dilakukan oleh Meg Whitman, penerus Apotheker, terhadap platform tersebut. (eh)

Jasa Marga Sebut Lalin Kendaraan hingga H+2 Lebaran Masih Didominasi Menuju Arah Timur
[dok. Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division (JMT)]

Siap-siap! 520 Ribu Kendaraan Bakal Lewat Tol Cipularang dan Padaleunyi saat Balik Mudik

JMT selaku pengelola Ruas Tol Cipularang dan Ruas Tol Padaleunyi memprediksi, 520 ribu kendaraan yang akan kembali ke Jabotabek pada H+1 sampai H+4 Idul Fitri.

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024