TEKNOLOGI

FOTO: Mahluk Purba di Zaman Kini

Penampakan mereka tetap sama, dalam kurun waktu berjuta-juta tahun.
Sabtu, 8 Oktober 2011
Oleh : Elin Yunita Kristanti
Salah satu 'fosil hidup'.

VIVAnews -- Rantai evolusi seakan tak berlaku bagi sejumlah spesies. Penampakan mereka tetap sama, dalam kurun waktu berjuta-juta tahun. Mahluk-mahluk itu hidup di hutan, gurun, laut, dan bahkan di halaman rumah kita.

Sebagai 'fosil hidup', mereka memberi gambaran tentang dunia yang hilang. "Karena mereka melestarikan potongan kode genetik kuno, mahluk-mahluk itu harus menjadi prioritas konservasi," kata Piotr Naskrecki, fotografer yang mengabadikan gambar mereka.

Naskrecki yang juga seorang ahli biologi adalah penulis buku, 'Relics: Travels in Nature’s Time Machine' yang akan diterbitkan November 2011.

Buku tersebut adalah katalog, rekaman perjalanan Naskrecki, ke daerah-daerah, tempat di mana mahluk itu bisa mempertahankan akar genetisnya selama ribuan, bahkan jutaan tahun.

"Buku ini adalah proyek sampingan, dari ketertarikan saya dengan garis keturunan purba ini," kata dia. "Sebagai seorang ahli biologi konservasi, saya merasa mereka layak mendapatkan perhatian, sebagai 'kapsul' yang melestarikan keranekaragaman masa lalu."

Lihat fotonya di sini.

TERKAIT
TERPOPULER