13 Persen Pertumbuhan Ekonomi, dari Teknologi

foto ilustrasi bts
Sumber :

VIVAnews - Pemerintah menyayangkan pengunaan jaringan broadband di Indonesia yang bukan untuk meningkatkan pendidikan, namun malah untuk beraktivitas di jejaring sosial. Pasalnya, penggunaan jaringan broadband bisa digunakan untuk hal-hal yang lebih bermanfaat.

"Sayangnya, dari segi penggunaan, pengguna paling banyak memanfaatkan broadband internet untuk chatting, kedua untuk email, ketiga untuk game online, dan keempat untuk jejaring sosial. Bukan untuk bisnis atau pendidikan,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring, usai mengisi acara Indonesia Broadband Economy Forum 2011 di Jakarta, 21 September 2011.

Padahal, kata Tifatul, broadband juga bisa dimanfaatkan untuk e-goverment, e-learning.

Pengembangan teknologi broadband sendiri, lanjut Tifatul, dapat meningkatkan penerimaan negara yang berasal dari bukan pajak atau PNBP.

"Dulu PNBP Rp7 triliun. Sejak broadband dikembangkan tahun 2009, PNBP naik menjadi Rp10,5 triliun,” kata Tifatul. “Tahun 2010 kita dapat Rp2,8 triliun untuk mengembangkan broadband dan kemudian kita berikan PNBP Rp12,8 triliun,” ucapnya.

Tahun ini, kata Tifatul, target PNBP sebesar Rp13-15 triliun. “Jadi, efek hadirnya jaringan broadband sangat luar biasa," ucap Tifatul.

Oleh karena itu, Tifatul yakin, pengembangan Information Communication Technology (ICT) dapat menggenjot akselerasi pertumbuhan ekonomi jadi lebih cepat. “Sebab, setiap adanya tambahan investasi sebesar 1 persen, memberikan dampak pertumbuhan ekonomi 3 sampai 5 persen,” ucapnya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), tambah Tifatul, pertumbuhan ekonomi terbesar juga berasal dari bidang teknologi. "Angkanya yaitu sekitar 13 persen," ucapnya. (sj)

Rusia Sebut AS Buru-buru Tuduh ISIS Atas Serangan Gedung Konser di Moskow
Sandra Dewi dan Suaminya, Harvey Moeis

Wawancara Lawasnya Jadi Sorotan, Sandra Dewi Ogah Disebut Hidup Bak di Negeri Dongeng

Kehidupan pribadi Sandra Dewi mendadak jadi sorotan pasca penetapan status tersangka suaminya, Harvey Moeis oleh Kejaksaan Agung.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024